6 Tips dan trik memperpanjang masa pakai baterai smartphone

6 Tips dan trik memperpanjang masa pakai baterai smartphone

Techno.id - Ponsel cerdas modern membutuhkan banyak pengisian daya. Tapi kapan yang terbaik? Apakah pengisian daya dalam semalam aman? Apakah pengisian daya ponsel merusak baterai? Begitulah deretan pertanyaan yang muncul mengenai baterai ponsel cerdas saat ini.

Dalam artikel ini, Techno.id mencoba menghilangkan mitos dan menjelaskan cara kerja baterai ponsel cerdas sehingga kamu bisa mendapatkan masa pakai yang lebih lama dari hari ke hari dan dalam jangka panjang. Lagi pula, banyak ponsel cerdas sekarang yang memungkinkan pengguna memeriksa kesehatan baterai. Jadi ini bukan lagi permainan menebak-nebak bagaimana keadaan baterai ponsel cerdas.

1. Pengisian daya semalam

6 Tips dan trik memperpanjang masa pakai baterai smartphone foto: freepik/jero sennegs

Informasi pengisian daya ponsel yang berlebihan adalah mitos yang umum. Jumlah pengisian daya yang masuk ke ponsel seharusnya tidak menjadi masalah karena sebagian besar ponsel cerdas sekarang cukup pintar untuk berhenti mengisi daya setelah penuh. Cukup isi ulang sesuai kebutuhan agar tetap di 100 persen.

Masalah terjadi saat baterai terlalu panas, yang dapat menyebabkan kerusakan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya lepaskan casing apa pun di ponsel cerdas kamu saat mengisi daya semalaman. Sebaiknya tinggalkan ponsel di permukaan yang rata dan keras untuk menghilangkan panas dengan mudah.

Meskipun sangat aman untuk mengisi daya ponsel dalam semalam, pastikan ponsel kamu tidak mengalami panas berlebih. Dengan teknologi pengisian cepat, kamu tidak perlu membiarkannya mengisi daya selama 8 jam.

2. Mengisi daya saat sangat panas atau sangat dingin

6 Tips dan trik memperpanjang masa pakai baterai smartphone foto: freepik/richardnazaretyan

Sebagian besar perangkat dirancang untuk bekerja dalam berbagai suhu, menutupi hampir semua kondisi cuaca normal. Tetapi secara teratur memaparkan perangkat pada suhu tinggi di atas 35 derajat Celcius dapat merusaknya.

Apple, misalnya, akan mematikan iPhone untuk sementara jika terlalu panas. Apple juga mengingatkan, mengisi daya perangkat dalam suhu lingkungan yang tinggi dapat semakin merusaknya".

Untungnya itu tidak sama untuk suhu dingin. Baterai jauh lebih cocok untuk mengatasi hawa dingin. Kamu mungkin akan melihat kinerja baterai menurun. Untungnya, kinerja yang buruk biasanya hanya sementara dan kamu akan melihat masa pakai baterai yang biasa kembali setelah kondisi lebih hangat.

3. Memori baterai

6 Tips dan trik memperpanjang masa pakai baterai smartphone foto: freepik/sersoll

Memori baterai adalah konsep lama yang telah diterapkan pada baterai Ni-Cadmium (Ni-Cad) lama, di mana membiarkan baterai habis sebelum mengisi daya adalah yang terbaik. Tetapi sekarang dengan baterai Lithium-ion (Li-ion), kamu harus melakukan sebaliknya.

Baterai lithium-ion paling baik disimpan antara 50 persen dan 80 persen terisi daya untuk menggunakan ion yang terisi daya dan menjaga masa pakai baterai tetap lama. Jadi mengisi daya dalam waktu singkat sepanjang hari secara teknis merupakan cara terbaik untuk menjaga ponsel tetap berjalan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

(brl/red)