5 Trik membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui si pengirim

5 Trik membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui si pengirim

Baca pesan WhatsApp

3. Menonaktifkan tanda terima baca

5 Trik membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui si pengirim foto: techno.id/yani andriyansyah

Aplikasi WhatsApp juga memungkinkan kamu menonaktifkan tanda terima baca. Tanda terima sudah dibaca adalah fitur WhatsApp yang menyembunyikan tanda centang biru dan membiarkannya tetap berwarna abu-abu.

Untuk menonaktifkan tanda terima sudah dibaca, buka WhatsApp di ponsel dan ketuk ikon Pengaturan. Ketuk Privasi, gulir ke bawah, dan nonaktifkan Baca Tanda Terima.

Ingatlah bahwa setelah menggunakan cara ini, kamu juga tidak akan dapat melihat tanda terima sudah dibaca dari orang lain, kecuali mereka yang berada dalam obrolan grup.

4. Baca pesan dari bilah pemberitahuan

5 Trik membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui si pengirim foto: unsplash/christian wiediger

Trik sederhana lain untuk melihat pesan tanpa diketahui si pengirim adalah dari bilah notifikasi. Jika pratinjau notifikasi diaktifkan di perangkat, kamu dapat melihat pesan WhatsApp yang masuk tanpa membuka aplikasi.

Untuk mengaktifkan pratinjau notifikasi, buka aplikasi Pengaturan, ketuk Notifikasi, lalu ketuk Tampilkan Pratinjau. Kamu dapat memilih Selalu atau Saat Tidak Terkunci. Namun, jika kamu memilih Selalu, artinya siapa pun yang melihat ponsel kamu dapat membaca pesan meskipun ponsel kamu terkunci.

5. Membaca pesan menggunakan 3D atau Haptic Touch untuk iOS

5 Trik membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui si pengirim foto: apple

Nah untuk trik yang satu ini khusus untuk pengguna iOS. Kamu bisa menggunakan 3D Touch dan Haptic Touch yang merupakan fitur iOS yang memungkinkan kamu melihat pratinjau pesan dengan menekan lama. Fitur 3D Touch tersedia di iPhone 6s hingga iPhone X dan XS. Sementara Haptic Touch tersedia mulai dari model iPhone XR dan yang lebih baru.

Dengan 3D atau Haptic Touch, meskipun pratinjau notifikasi dimatikan, kamu dapat melihat pesan dengan menekan lama notifikasi pesan. Selain itu, dengan Haptic Touch, kamu juga dapat membalas pesan tanpa harus menutup aplikasi yang sedang kamu buka dan membuka WhatsApp.

(brl/red)