5 Tips membuat CPU kamu berjalan lebih kencang, biasakan merawat perangkat secara berkala

5 Tips membuat CPU kamu berjalan lebih kencang, biasakan merawat perangkat secara berkala

Merawat CPU

3. Mengganti pasta termal

5 Tips membuat CPU kamu berjalan lebih kencang, biasakan merawat perangkat secara berkala foto: gamingpc-jiten.com

Jika kamu menyadari suhu yang tinggi pada CPU sehingga memengaruhi kinerjanya, mungkin sudah waktunya untuk mengganti pasta termal yang berada di di antara CPU (prosesor) dan pendingin. Kamu tidak perlu mengganti pasta terlalu sering, tetapi disarankan untuk melakukannya setiap beberapa tahun sekali.

Kamu bisa membeli pasta termal di pasaran. Penggantian pasat ini untuk memastikan PC kamu dalam kondisi prima. Pastikan kamu tidak menaruh terlalu banyak pasta. Jika kamu melakukannya dengan benar, tidak akan ada limpahan pasta ke motherboard.

Tumpahan pasta pada motherboard tidak akan membahayakan, tetapi akan membuat CPU kamu menjadi tidak dingin, jadi itulah mengapa penting untuk menggunakan jumlah yang tepat.

4. Menonaktifkan program startup

5 Tips membuat CPU kamu berjalan lebih kencang, biasakan merawat perangkat secara berkala foto: windows.gadgethacks.com

Saat kamu menginstal program baru ke komputer, maka proses booting membutuhkan waktu lebih lama. Kamu dapat mempercepat prosesnya dengan menonaktifkan aplikasi yang diluncurkan saat startup.

Ini adalah proses sederhana yang hanya mengharuskan kamu menavigasi ke tab Startup di Task Manager dan kemudian menonaktifkan program yang tidak perlu dibuka setiap kali kamu membuka PC. Sebagai contoh, para gamer dapat menonaktifkan hal-hal seperti Steam atau Battle.net pada saat startup karena itu memperlambat seluruh proses.

5. Gunakan pendingin tambahan

5 Tips membuat CPU kamu berjalan lebih kencang, biasakan merawat perangkat secara berkala foto: freepik.com/ulrich22

Jika mengalami masalah kecepatan pada PC, ada kemungkinan kamu tidak memiliki pendingin yang cukup. Jika PC kamu memiliki casing besar yang memiliki ruang untuk banyak kipas, pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak kipas pada slot yang masih kosong. Lebih banyak menggunakan kipas berarti lebih banyak aliran udara.

Pastikan PC kamu memiliki kipas pemasukan dan pembuangan sehingga udara tersirkulasi dengan baik. Umumnya casing PC memiliki banyak slot untuk memberikan tambahan perangkat keras seperti kipas yang akan diinstal di dalamnya. Atau kamu juga bisa menggunakan kipas yang lebih besar.

(brl/red)