5 Tips membuat CPU kamu berjalan lebih kencang, biasakan merawat perangkat secara berkala

5 Tips membuat CPU kamu berjalan lebih kencang, biasakan merawat perangkat secara berkala

Techno.id - Menggunakan PC untuk aktivitas sehari-hari baik untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan atau bermain game, sangat menyenangkan jika performa perangkat kamu mumpuni. Tapi jika sebaliknya, di mana PC kamu lemot, tentu sangat menyebalkan.

Nah meski kamu bukan termasuk orang yang melek teknologi, sebenarnya ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan agar PC kamu lebih ngebut. Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat membuat performa PC atau laptop kamu berjalan lebih baik.

1. Overclock CPU kamu

5 Tips membuat CPU kamu berjalan lebih kencang, biasakan merawat perangkat secara berkala foto: asc.ba

Meng-overclock CPU adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat CPU kamu berjalan lebih cepat. Banyak motherboard memiliki fitur yang dibangun langsung ke dalam BIOS yang membuat overclocking menjadi sangat sederhana, tetapi kamu dapat melakukan sendiri jika menginginkan kontrol yang lebih besar.

Satu hal yang harus kamu pastikan adalah memiliki pendingin CPU yang kuat. Seringkali, memiliki pendingin biasa saja tidak cukup untuk melakukan overclocking yang besar, dan hal ini mengakibatkan CPU kamu menjadi terlalu panas. Sebab meningkatkan kecepatan clock CPU secara alami menciptakan lebih banyak panas karena berjalan lebih cepat, jadi memiliki pendingin CPU pihak ketiga adalah suatu keharusan.

Nah untuk pemula mungkin harus melalui beberapa percobaan. Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti HWMonitor atau MSI Afterburner akan sangat membantu dalam memeriksa suhu CPU karena dapat memberi tahu kamu seberapa panasnya.

2. Bersihkan PC kamu dari debu

5 Tips membuat CPU kamu berjalan lebih kencang, biasakan merawat perangkat secara berkala foto: pcworld.com

Disarankan kamu membersihkan PC dari debu secara berkala. Kamu bisa membersihkannya dengan membuka bagian samping PC dan bersihkan semua komponen di dalamnya dari debu.

Cara terbaik untuk membersihkan debu dengan menggunakan pembersih debu khusus (dust remover) yang disemprotkan dengan udara bertekanan. Cairan yang ada pada pembersih ini akan menghilangkan debu-debu yang menempel di perangkat keras PC.

Sebab banyaknya debu di dalam PC akan mengganggu aliran udara. Akibatnya bisa membuat PC kamu lebih panas. Kelebihan panas (overheat) dapat menyebabkan masalah pada rakitan PC.

(brl/red)