Minisforum luncurkan PC baru dengan GPU Arc Intel dan pendingin quad-fan

Minisforum luncurkan PC baru dengan GPU Arc Intel dan pendingin quad-fan

Techno.id - Minisforum dikenal sebagai produsen desktop ultra-ringkas dengan harga terjangkau. Dari sisi kinerja perangkat Minisforum juga cukup mumpuni. Nah baru-baru ini Minisforum kembali memperkenalkan PC gaming, Neptune NH2673 yang dilengkapi CPU 10-core dan prosesor grafis diskrit Intel Arc A730M.

Dilansir dari laman resmi Minisforum, Neptune NH2673 dibekali prosesor Intel Core i7-12650H (6P, 4E, 16T, hingga 4,70 GHz, 24 MB, 45W) yang dipasangkan dengan memori DDR4 hingga 64 GB. Perangkat ini menggunakan dua modul SO-DIMM dan SSD M.2-2280 dengan antarmuka PCIe 4.0 dan kapasitas 2TB.

Minisforum luncurkan PC baru dengan GPU Arc Intel dan pendingin quad-fan foto: minisforum

Untuk pengguna yang membutuhkan lebih banyak penyimpanan, perangkat ini memiliki tempat penyimpanan 2,5 inci untuk drive berkapasitas lebih tinggi. Untuk memastikan kinerja tinggi secara konsisten dalam beban kerja gaming, Neptune NH2673 hadir dengan sistem pendingin yang cukup canggih dengan empat kipas (quad-fan).

Salah satu nilai jual utama PC ini adalah GPU diskrit Intel Arc A730M dengan 24 core Xe, 3072 stream processor, hingga 95W. Konfigurasi tersebut dipasangkan dengan memori GDDR6 sebesar 6 GB yang menjanjikan performa yang jauh melampaui semua GPU terintegrasi yang ada saat ini.

Minisforum luncurkan PC baru dengan GPU Arc Intel dan pendingin quad-fan foto: minisforum

Prosesor grafis ini hadir dalam board MXM, sehingga memungkinkan untuk di-upgrade, dengan asumsi modul baru tersebut kompatibel dengan sistem. Sayangnya Minisforum tidak secara langsung mengatakan modul MXM dapat diupgrade dan hanya menyebutkan kemampuan upgrade DRAM dan storage.

Perangkat ini memiliki performa gaming ekstra dan potensi upgrade subsistem grafis yang dapat ditingkatkan. Neptunus NH2673 bisa dibilang sebanding dengan sistem gaming ringkas lainnya, seperti Tiki dari Falcon Northwest.

Minisforum luncurkan PC baru dengan GPU Arc Intel dan pendingin quad-fan foto: minisforum

Dalam hal konektivitas, Neptune NH2673 bisa dibilang sebagai PC gaming kelas menengah modern sebab dibekali modul Wi-Fi 6E + Bluetooth, port 2,5 GbE, tiga port USB 3.2 Type-C, dua output HDMI, lima port USB Type-A, dan konektor audio in dan out.

Dari sisi harga, Neptune NH2673 dengan konfigurasi memori 16 GB dan SSD 512 GB dibanderol dengan harga USD649 atau setara Rp 9,6 jutaan. Sedangkan dengan konfigurasi dengan 32 GB DDR4 dan drive 1 TB dipatok seharga USD709 atau sekitar Rp 10,5 jutaan. Sementara untuk model teratas dengan RAM 64 GB dan penyimpanan 1 TB dibanderol dengan harga USD799 atau sekitar Rp 11,8 jutaan.

(brl/red)