5 Tanda perangkat Android kamu terinfeksi malware, nomor 2 paling sering dialami pengguna smartphone

5 Tanda perangkat Android kamu terinfeksi malware, nomor 2 paling sering dialami pengguna smartphone

Techno.id - Sama dengan komputer atau laptop Windows, perangkat Android juga sangat rentan terserang malware. Karena itu sangat penting untuk menginstal anti-virus di perangkat.

Jadi kapan pun ponsel pintar Android kamu terinfeksi beberapa jenis malware, utilitas antivirus yang telah kamu instal akan segera memperingatkan dan bekerja untuk membendung dan menghapusnya.

Sebab malware yang kuat tidak hanya menginfeksi perangkat, tetapi juga dapat melakukannya dengan cara yang sangat licik dan halus sehingga kamu tidak menyadari bahwa malware tersebut ada di dalam perangkat dan bisa menguasai sepenuhnya sistem perangkat kamu.

Karena itu kamu harus selalu memiliki utilitas antivirus yang berjalan di Android, terutama jika kamu memiliki kebiasaan menjelajahi internet yang tidak dikenal. Tetapi hanya dengan memasang antivirus saja tidak cukup.

Kamu harus tetap waspada terhadap tanda dan gejala infeksi malware seandainya utilitas kamu tidak dapat memantaunya sehingga kamu dapat mengambil tindakan pencegahan sebelum terlambat.

1. Menonaktifkan utilitas antivirus

5 Tanda perangkat Android kamu terinfeksi malware, nomor 2 paling sering dialami pengguna smartphone foto: freepik/rawpixel

Utilitas antivirus mungkin direkayasa untuk mendeteksi dan menghancurkan virus dan malware. Tetapi bukan berarti utilitas itu sendiri benar-benar kebal terhadap serangan virus.

Faktanya, langkah yang sangat umum dilakukan malware adalah menonaktifkan atau menghapus utilitas antivirus kamu setelah menguasai sistem perangkat sehingga dapat terus menyebarkan pengaruhnya tanpa hambatan.

Jika kamu memiliki utilitas antivirus yang terpasang di Android, pastikan utilitas tersebut mengaktifkan notifikasi dan izin untuk melakukan pemindaian reguler. Hal ini tidak hanya baik untuk keamanan ponsel secara umum, tetapi jika pemberitahuan dan pemindaian tersebut tiba-tiba berhenti suatu hari, itu merupakan petunjuk bagi kamu bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Jika kamu membuka aplikasi antivirus dan melihat bahwa aplikasi tersebut telah dinonaktifkan, Android kamu mungkin telah menerima penghuni baru yang tidak diinginkan.

2. Kehilangan ruang penyimpanan secara tiba-tiba

5 Tanda perangkat Android kamu terinfeksi malware, nomor 2 paling sering dialami pengguna smartphone foto: freepik/rawpixel

Aplikasi yang terinfeksi malware sering kali memiliki ukuran file yang cukup besar. Sebab aplikasi tersebut mencakup aplikasi yang ditumpangi malware ke ponsel kamu dan berbagai file yang dapat dieksekusi untuk mencuri informasi kamu dan secara umum mengacaukan ponsel.

Karena itu, ketika program yang terinfeksi malware masuk ke ponsel, kamu mungkin mengalami penurunan penyimpanan yang tiba-tiba, termasuk di penyimpanan internal perangkat kamu. Malware bisa berkembang biak dan menyerang untuk membuat ponsel menjadi lingkungan yang lebih layak huni.

Karena itu hindari menginstal aplikasi yang mencurigakan atau tidak dikenal. Kamu juga harus mengawasi pengelola aplikasi dan peramban file di ponsel kamu untuk mengetahui adanya penurunan ruang penyimpanan secara tiba-tiba.

Jika satu aplikasi menghabiskan setengah dari seluruh penyimpanan ponsel, itu mungkin pertanda buruk. Aplikasi antivirus dapat membantu kamu membersihkan semua aplikasi yang mengganggu di ponsel.

(brl/red)