5 Faktor yang wajib kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop baru

5 Faktor yang wajib kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop baru

Techno.id - Baik untuk sekolah, kantor, atau bermain game, memilih laptop yang tepat bisa jadi keputusan yang sulit. Komputer jinjing saat ini tidak hanya dimaksudkan untuk melakukan tugas-tugas ringan seperti memeriksa email atau menjelajahi internet.

Dengan teknologi yang berkembang lebih cepat dari sebelumnya, menjadi sangat sulit untuk mengikuti semua variabel laptop bagus. Berikut beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop.

1. Spesifikasi

5 Faktor yang wajib kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop baru foto: freepik/rawpixel.com

Hal pertama yang harus kamu putuskan adalah spesifikasi dan jenis laptop yang dibutuhkan. Berikut beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan.

1. CPU, atau otak laptop misalnya Intel i5 dan AMD Ryzen 5 sangat bagus untuk produktivitas dan efisiensi baterai. Sementara prosesor yang lebih tinggi seperti chip i7, i9, Ryzen 7, dan Ryzen 9 menawarkan daya pemrosesan yang lebih besar yang cocok untuk mereka yang membutuhkan laptop bertenaga.

2. GPU, atau unit pemrosesan grafis, adalah cara yang baik untuk mengukur kemampuan rendering 3D laptop. Baik untuk memainkan Grand Theft Auto (GTA) atau mempelajari Blender, GPU kelas atas berarti kinerja yang lebih baik.

3. RAM adalah memori jangka pendek laptop. Semakin banyak keunggulan laptop, semakin banyak aplikasi dan proses yang dapat dijalankan di latar belakang. Biasanya, 8GB cocok untuk tugas sehari-hari, sementara meningkatkan RAM menjadi 16GB adalah praktik yang baik untuk melindungi laptop di masa mendatang.

4. Hard Disk Drive (HDD) menjadi pilihan bagi kamu yang punya anggaran yang ketat. Sementara kamu yang memiliki anggaran lebih sebaiknya memilih Solid State Drive (SSD) yang menawarkan waktu muat yang jauh lebih cepat, baik untuk sistem operasi maupun aplikasi. Sebagian besar laptop Windows juga dilengkapi dengan slot kosong untuk menambah lebih banyak penyimpanan di kemudian hari.

5. Bergantung pada alur kerja dan persyaratan kamu, Windows menawarkan sejumlah besar faktor bentuk-konvertibel 2-in-1, laptop layar sentuh, dan bahkan tampilan layar ganda.

2. Windows atau MacOS

5 Faktor yang wajib kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop baru foto: freepik/golubovystock

Windows menawarkan keserbagunaan, sementara MacOS menawarkan stabilitas. Untuk MacOs biasanya dibanderol dengan harga premium. Nah kamu yang punya anggaran terbatas, bisa membeli MacBook Air rekondisi.

Sementara kamu yang ingin banyak pilihan dan rentang harga beragam, kamu bisa memilih laptop Windows. Meskipun tidak sepopular laptop Windows, Chromebook adalah pilihan yang tepat, khususnya untuk anak-anak yang membutuhkan laptop ramah pengguna dengan baterai yang dapat bertahan sepanjang hari.

Aplikasi dan rangkaian perangkat lunak juga berjalan lebih baik di Windows atau macOS. Namun lebih baik memilih sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu sebelum menghabiskan banyak uang untuk perangkat keras.

Singkatnya, kedua sistem memiliki antarmuka pengguna yang ramah dan memungkinkan serangkaian operasi yang serupa. Windows, bagaimanapun, secara luas dianggap sebagai platform yang sesuai dengan spektrum kebutuhan yang lebih luas.

3. Bisa untuk bermain game

5 Faktor yang wajib kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop baru foto: freepik

Pasar untuk laptop gaming dan notebook berorientasi produktivitas sepanjang hari sama sekali tidak tumpang tindih. Oleh karena itu penting untuk mempertimbangkan kebutuhan game sebelum membeli laptop. Memainkan sesuatu yang cukup kompetitif membutuhkan GPU khusus, sementara beberapa game kelas AAA beroktan tinggi mungkin memerlukan laptop gaming paling kuat untuk memberikan pengalaman yang mulus.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli laptop gaming adalah GPU, CPU, dan layar. Sementara sebagian besar laptop dengan GPU gahar sudah dipasangkan dengan prosesor kelas atas. Pastikan untuk memilih laptop yang memiliki tampilan kecepatan refresh tinggi.

Manfaat tambahan dari spesifikasi kelas atas yang kamu dapatkan dengan laptop gaming adalah perangkat ini juga dapat diandalkan untuk pekerjaan atau tugas-tugas yang berhubungan dengan produktivitas. Namun laptop gaming memiliki kelemahan karena tidak terlalu portabel. Biasanya laptop gaming memiliki bobot yang berat. Selain itu dari sisi baterai juga kurang andal.

(brl/red)