3 Fitur teratas yang sangat mungkin disematkan pada laptop gaming berbasis AI

3 Fitur teratas yang sangat mungkin disematkan pada laptop gaming berbasis AI

Techno.id - Era laptop gaming AI telah tiba. Tetapi apakah teknologi ini akan bertahan lama, masih belum jelas. Laptop gaming pertama dengan chip AI dari AMD dan Intel diumumkan di ajang CES 2024 belum lama ini dengan menampilkan berbagai alat dan penyempurnaan AI.

Beberapa menjanjikan pendinginan yang lebih baik sementara yang lain membanggakan grafik yang ditingkatkan atau kemampuan AI generatif bawaan. Hanya saja, dengan pengujian langsung yang akan menunjukkan apakah laptop gaming AI sesuai dengan hype. Namun, ada banyak potensi AI untuk menawarkan peningkatan nyata. Berikut adalah tiga fitur teratas yang mungkin akan disematkan pada laptop gaming berbasis AI.

1. Akselerasi perangkat keras AI

3 Fitur teratas yang sangat mungkin disematkan pada laptop gaming berbasis AI foto: lenovo

Peningkatan perangkat keras adalah salah satu fitur AI paling umum di laptop gaming AI gelombang pertama. Dari sisi perangkat lunak selama beberapa tahun terakhir dengan alat seperti DLSS 3 dan 3.5, yang menggunakan bingkai yang dihasilkan AI untuk meningkatkan FPS. Sangat mungkin tren ini akan berlanjut dan berkembang dengan penambahan chip AI baru AMD dan Intel.

Ini adalah salah satu area di mana laptop gaming dapat membantu. Maklum, laptop gaming cenderung menjadi panas, yang membuatnya semakin sulit untuk memaksimalkan kinerja. Jika chip AI dapat mengubah pendinginan secara real-time atau mengalihkan tugas dari CPU atau GPU, itu dapat meningkatkan kinerja laptop gaming dengan mencegah panas berlebih.

Mengurangi beban pada CPU dan GPU juga akan membebaskan daya pemrosesan. Idealnya, chip AI atau NPU akan mengambil alih tugas-tugas tertentu saat penggunaan CPU atau GPU tinggi, secara efektif mengeluarkan lebih banyak daya dari komponen tersebut.

Beberapa laptop gaming baru yang diumumkan di CES 2024 memperkenalkan fitur-fitur seperti ini. Misalnya, chip LA AI Lenovo secara otomatis menyempurnakan performa dalam game untuk memaksimalkan FPS. Mereka dapat menyesuaikan manajemen panas secara dinamis untuk menjaga suhu serendah mungkin sehingga pengguna dapat meminimalkan pelambatan, bahkan dalam game berat.

Ada juga merek lain yang memanfaatkan kekuatan pemrosesan AI untuk meningkatkan kinerja dalam aplikasi intensif grafis. Sebut saja ASUS ROG Zephyrus G2024 G16 yang menampilkan CPU Intel Core Ultra 9 yang menggunakan AI untuk menjalankan tugas seperti pengeditan video atau rendering 3D dengan lebih efisien.

2. Pelacakan kinerja bawaan dan deteksi cheat

3 Fitur teratas yang sangat mungkin disematkan pada laptop gaming berbasis AI foto: future

Ini adalah salah satu fitur yang mungkin akan tersemat di laptop gaming AI. Pembelajaran mesin sangat bagus untuk mendeteksi pola, jadi mengapa tidak menggunakannya untuk membantu para gamer menganalisis kinerja mereka secara langsung di perangkat.

Pelacak kinerja game AI dapat memantau metrik seperti klik per detik, penekanan tombol, akurasi, rata-rata skor, dan banyak lagi. Dengan menganalisis data kinerja pengguna, AI dapat memberi tahu merela jika melakukan spam pada kunci tertentu atau perlu menurunkan DPI mouse.

Tentu saja, memaksimalkan potensi pelatih game AI akan bergantung pada kerja sama dengan pengembang game, tetapi itu masih akan menjadi fitur keren untuk dilihat di gelombang baru laptop gaming ini.

Laptop gaming AI berpotensi membantu mengatasi masalah kecurangan yang berkembang di game online. Alat curang terus menjadi lebih canggih dan lebih baik dalam menghindari program anti-cheat yang ada. AI dapat menganalisis perilaku pemain untuk menemukan kecurangan bahkan ketika seseorang menggunakan alat curang yang tidak terdeteksi.

Dengan chip AI, analisis perilaku ini dapat dilakukan secara lokal di perangkat masing-masing pemain. Jadi, jika seorang pemain mulai menggunakan alat curang, AI di laptop mereka dapat melihat perbedaan signifikan dalam pola kinerja mereka dan menandainya sebagai curang.

Seperti pelatih game AI, ini juga membutuhkan kolaborasi dengan pengembang game. Jadi, mungkin perlu beberapa waktu untuk melihat deteksi cheat AI menjadi kenyataan, tetapi chip AI dan NPU memang memiliki kekuatan pemrosesan untuk mewujudkannya.

3. Pemecahan masalah otomatis

3 Fitur teratas yang sangat mungkin disematkan pada laptop gaming berbasis AI foto: freepik/rawpixel.com

Akan sangat nyaman jika laptop gaming AI dapat mengotomatiskan seluruh proses pemecahan masalah pada laptop. AI sangat bagus dalam pengenalan pola, sehingga berpotensi mengidentifikasi masalah sebelum pengguna melakukannya dan menyarankan perbaikan segera. AI dapat menjalankan tes diagnostik, menganalisis data, dan mengidentifikasi masalah laptop pengguna.

Laptop gaming AI masih dalam tahap awal, jadi sulit untuk mengatakan apakah chip AI merupakan inovasi besar atau hanya hype. Saat ini, sepertinya sejumlah merek berfokus pada peningkatan grafis dan pengoptimalan perangkat keras, yang keduanya dapat meningkatkan kinerja laptop gaming AI.

(brl/red)