6 Cara memaksimalkan kinerja PlayStation 5 untuk meningkatkan pengalaman bermain game jadi lebih seru

6 Cara memaksimalkan kinerja PlayStation 5 untuk meningkatkan pengalaman bermain game jadi lebih seru

Techno.id - Bermain game di PlayStation 5 (PS5) memberikan pengalaman tersendiri. Maklum, game yang dibenamkan di dalam PS5 cukup menantang apalagi dengan grafik tinggi sehingga tampilan begitu nyata.

Namun dengan berbagai fitur yang ada serta penyimpanan yang semakin penuh, tidak jarang performa PS5 menjadi lebih lambat. Belum lagi jika perangkat semakin panas karena terlalu lama dimainkan juga akan memengaruhi performanya.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan agar prforma PS5 kamu kembali optimal. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar performa dan kinerja PS5 tetap lancar sehingga meningkatkan pengalaman bermain game.

1. Terus perbarui PS5

6 Cara memaksimalkan kinerja PlayStation 5 untuk meningkatkan pengalaman bermain game jadi lebih seru foto: playstation

Pastikan konsol PS5 kamu diperbarui dengan perangkat lunak terbaru. Sebab dengan memperbarui perangkat lunak PS5 adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kinerja.

Misalnya, memperbarui perangkat lunak sistem membawa sejumlah perbaikan bug, pengoptimalan, dan peningkatan stabilitas. Opsi ini membuat PS5 kamu tetap berjalan lancar dengan mengatasi potensi kemacetan yang dapat berdampak negatif pada kinerja konsol.

PS5 kamu akan mengunduh pembaruan secara otomatis dan menawarkan untuk menginstalnya, tetapi kamu dapat memeriksanya secara manual dengan meluncurkan aplikasi Pengaturan di sudut kanan atas dasbor dan menuju ke Sistem > Perangkat Lunak Sistem > Pembaruan dan Pengaturan Perangkat Lunak Sistem.

2. Pilih mode kinerja secara default

6 Cara memaksimalkan kinerja PlayStation 5 untuk meningkatkan pengalaman bermain game jadi lebih seru foto: playstation

Jika monitor mendukung, kamu bisa memainkan PS5 dengan kecepatan 120 FPS dan 120Hz. Pastikan kamu memiliki kabel HDMI 2.1 dan game yang mendukung fitur ini.

Frame per detik (FPS atau frame rate) dapat membuat perbedaan besar, terutama dalam game aksi. Misalnya, serangan lebih mudah dihindari atau ditangkis jika game berjalan pada 60 FPS, bukan 30 FPS.

Waktu frame rate yang lebih cepat, berarti masukan kamu akan diterjemahkan ke dalam tindakan di layar lebih cepat pada kecepatan frame yang lebih tinggi.

Banyak game sekarang menyertakan opsi untuk memilih antara mode performa (atau kecepatan bingkai) dan mode fidelitas (atau kualitas). Kamu dapat menginstruksikan PS5 untuk memilih mode kinerja jika memungkinkan, yang berarti kamu tidak perlu mengaturnya secara manual di sebagian besar game.

Untuk melakukannya, pilih Pengaturan (ikon roda gigi) di sebelah ikon gambar profil kamu di sudut kanan atas layar beranda PS5. Kemudian, buka Data Tersimpan dan Pengaturan Game / Aplikasi > Preset Game.

Kamu juga bisa memilih opsi "Mode Kinerja atau Mode Resolusi", lalu pilih Mode Kinerja di menu. PS5 kamu sekarang akan lebih memilih kecepatan bingkai yang lebih tinggi (jika game mendukungnya) daripada grafis. Ingatlah bahwa kamu selalu dapat membuka menu pengaturan game dan memeriksa opsi yang tersedia di bawah "Grafik "atau" Video."

3. Mainkan game PS4 menggunakan penyimpanan internal

6 Cara memaksimalkan kinerja PlayStation 5 untuk meningkatkan pengalaman bermain game jadi lebih seru foto: freepik/rudoelena

Kamu hanya dapat memainkan game PS5 menggunakan solid-state drive (SSD) internal konsol yang cepat, meskipun kamu dapat mencadangkannya ke drive eksternal. Di sisi lain, kamu dapat memainkan game PS4 dari drive eksternal melalui kompatibilitas mundur. Untuk meningkatkan kinerja game PS4, transfer ke SSD internal PS5.

Untuk melakukan ini, buka Perpustakaan Game di PS5 kamu dan sorot game yang ingin kamu pindahkan. Tekan tombol "Opsi" pada pengontrol DualSense kamu, lalu pilih "Pindahkan Game dan Aplikasi" dan pastikan game yang kamu inginkan telah dipilih. Terakhir, tekan tombol" Pindahkan " untuk mengonfirmasi keputusan Anda.

Opsi ini bisa dilakukan jika drive eksternal kamu adalah hard drive berputar mekanis (bukan SSD). Tetapi jika kamu sering mengandalkan drive eksternal karena kurangnya ruang penyimpanan internal, pertimbangkan untuk memutakhirkan SSD PS5 kamu dengan drive NVMe berkecepatan tinggi.

(brl/red)