Mengenal Portal PlayStation Sony, perangkat remote yang terhubung ke PS5

Mengenal Portal PlayStation Sony, perangkat remote yang terhubung ke PS5

Techno.id - Buat kamu yang gemar bermain game Playstation tentu tidak asing dengan Portal PlayStation. Perangkat yang diluncurkan pada November 2023 ini terlihat seperti pengontrol DualSense yang dibelah dua dengan layar delapan inci.

Apakah perangkat ini bakal menjadi pesaing Nintendo Switch dan SteamDeck? Atau apakah ini perangkat cloud gaming seperti Logitech G Cloud? Portal PlayStation menampilkan layar sentuh delapan inci dengan resolusi 1080p dan kecepatan refresh 60Hz.

Perangkat ini juga menampilkan kontrol seperti DualSense di kedua sisi, jadi akan terasa familiar jika kamu sudah menjadi pengguna PS5. Perangkat ini juga memiliki jack headphone 3,5 mm, dukungan Wi-Fi 5, dan kompatibilitas PS Link. Kamu dapat mengisi daya baterai 4.370 mAh melalui port USB-C, yang seharusnya cukup untuk bermain game selama sekitar tujuh hingga sembilan jam.

Mengenal Portal PlayStation Sony, perangkat remote yang terhubung ke PS5 foto: sony

Tapi Portal PlayStation bukanlah Steam Deck atau pesaing Logitech G Cloud. Ini adalah perangkat putar jarak jauh yang terhubung ke PlayStation 5 melalui Wi-Fi dan hanya akan mengalirkan game yang diinstal secara lokal di konsol. Perangkat ini mirip dengan Steam Link, yang memungkinkan pengguna memainkan game PC di Android atau iPhone melalui streaming.

Jadi, alih-alih mengandalkan server farm untuk mengalirkan game dari cloud, Portal PlayStation bergantung pada jaringan rumah dan PlayStation 5. Kamu memerlukan setidaknya koneksi 5Mbps untuk menggunakan Portal PlayStation, tetapi Sony merekomendasikan 15Mbps untuk keandalannya. Selain itu, kamu memerlukan akun PlayStation Network untuk menggunakannya.

Ini yang dapat kamu lakukan dengan Portal Playstation

Mengenal Portal PlayStation Sony, perangkat remote yang terhubung ke PS5 foto: sony

Portal PlayStation pada dasarnya adalah pengontrol DualSense dengan layar yang mengalirkan game dari PlayStation 5. Ini juga memiliki fitur seperti umpan balik haptic dan pemicu adaptif, asalkan game yang kamu streaming kompatibel dengan fitur tersebut.

Portal PlayStation akan berfungsi paling baik jika kamu menggunakannya di jaringan yang sama dengan konsol (PS5) kamu, tetapi selama kamu memiliki kecepatan internet yang layak untuk kedua perangkat, konsol PlayStation 5 dan Portal PlayStation, kamu dapat memainkan judul PlayStation 5 apa pun saat jauh dari rumah. Namun, game yang memerlukan aksesori lain, seperti PlayStation VR2, tidak akan berfungsi dengan perangkat ini.

Satu kelemahan dari Portal Playstation ini adalah tidak memiliki konektivitas Bluetooth. Artinya AirPods kamu dan aksesori Bluetooth lainnya tidak akan berfungsi dengan perangkat ini. Jika kamu menginginkan audio pribadi, gunakan salah satu headset gaming berkabel terbaik atau perangkat audio yang kompatibel dengan PlayStation Link, seperti Pulse Elite, Explore, atau 3D.

Mengenal Portal PlayStation Sony, perangkat remote yang terhubung ke PS5 foto: sony

Perangkat ini juga tidak memiliki kompatibilitas streaming dari server luar, jadi meskipun kamu memiliki langganan PlayStation Plus Premium, kamu tidak dapat melakukan streaming judul langsung ke Portal PlayStation. Sebagai gantinya, kamu harus menginstal judul apa pun yang kamu minati di PlayStation 5 dan mengalirkannya ke perangkat genggam ini.

(brl/red)