5 Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai laptop

5 Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai laptop

Techno.id - Sama seperti smartphone, baterai juga menjadi salah satu perangkat keras yang penting pada sebuah laptop. Seiring masa penggunaan, baterai laptop juga akan mengalami penurunan kinerja.

Karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan baterai laptop. Untuk mengetahuinya, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga agar mendapatkan informasi yang jelas mengenai kemampuan baterai laptop. Berikut beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui kesehatan baterai laptop.

1. BatteryInfoView

5 Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai laptop foto: nirsoft.net

BatteryInfoView adalah aplikasi utilitas yang memberi kamu data komprehensif tentang baterai laptop. Aplikasi ini memiliki dua komponen tampilan.

Klik Lihat > Tampilkan Informasi Baterai untuk menampilkan detail seperti Kapasitas yang Dirancang, Kapasitas Terisi Penuh, Kesehatan Baterai, Jumlah siklus pengisian atau pengosongan, dan banyak lagi.

Pilih Lihat > Tampilkan Log Baterai untuk menampilkan analisis log terperinci mengenai status daya, persentase kapasitas, nilai kapasitas, kecepatan, tegangan, dan jenis kejadian. Baris log baru akan ditambahkan setiap kali kamu menangguhkan atau melanjutkan komputer.

Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui laju pemakaian baterai. Kamu dapat mengekspor informasi baterai ke file TXT atau CSV untuk referensi.

Kelebihan

1. Melihat informasi baterai yang terperinci di satu tempat.

2. Kamu dapat memeriksa log untuk mengamati perubahan kapasitas baterai.

3. Centang Selalu di Atas untuk meletakkan jendela aplikasi di atas jendela lain untuk memantau baterai.

Kekurangan

1. Tidak dapat memfilter log baterai pada rentang tanggal tertentu.

2. Tidak menampilkan grafik yang memprediksi tingkat keausan baterai dari waktu ke waktu.

2. PassMark BatteryMon

5 Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai laptop foto: passmark.com

BatteryMon memungkinkan kamu memantau tingkat pengisian daya baterai laptop dengan menyajikan grafik temuan secara real time. Sumbu Y vertikal menampilkan persentase tingkat pengisian daya (Nol-100 persen) dan waktu pengambilan sampel pada sumbu X horizontal. Kamu dapat mengubah interval waktu pengambilan sampel melalui Edit > Konfigurasi.

Garis hitam menampilkan tingkat pengisian daya saat ini. Garis biru menunjukkan tren berdasarkan sampel data yang diekstrapolasi. Garis merah menunjukkan perbandingan terhadap masa pakainya. Secara alami, garis merah akan menyimpang lebih dari biasanya untuk perbandingan durasi pendek.

Saat kamu mulai memantau file log (Info > Lihat Log), data akan menampilkan perkiraan tingkat pengisian atau pengosongan pada rentang waktu tertentu. Kamu akan memahami bagaimana kesehatan baterai laptop memburuk dari waktu ke waktu.

Kelebihan

1. Aplikasi ini menganalisis kesehatan baterai dengan grafik real time. Kamu akan mendapatkan data tentang tingkat pengisian atau pengosongan, waktu yang tersisa pada baterai, total waktu, dan banyak lagi.

2. Mengatur pemberitahuan untuk level baterai, voltase, dan suhu. Kamu dapat memilih dari peringatan popup, data log, atau email.

3. Membandingkan dan mengukur kapasitas baterai saat ini dengan data dari masa lalu.

Kekurangan

1. Aplikasi ini rumit untuk pemula.

2. Antarmuka pengguna terlihat tua dan sulit digunakan. Dibutuhkan beberapa kali percobaan untuk memahami grafik dan data file log.

3. Save Battery

5 Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai laptop foto: microsoft.com

Aplikasi sederhana ini dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai laptop yang dirancang untuk bekerja dengan tablet dan laptop. Layar utama menunjukkan kepada kamu status pengisian atau pengosongan dengan animasi.

Fitur ini menunjukkan informasi baterai seperti Kapasitas Desain, Kapasitas Pengisian Penuh, terakhir dicolokkan atau dicabut, dan perkiraan waktu yang tersisa untuk mengisi daya atau mengosongkan.

Kamu dapat beralih dari tema gelap ke tema terang dan mengaktifkan Tiles untuk menampilkan persentase baterai pada layar Start. Tergantung pada ukuran live tile, aplikasi ini dapat menampilkan beragam informasi tentang status baterai.

Kelebihan

1. Mengatur pemberitahuan untuk pengisian daya penuh, baterai lemah, dan pengisian atau pengosongan daya pada tingkat tertentu. Bisa berupa SMS, pengingat, atau email berkala.

2. Klik Riwayat untuk melihat riwayat Pengisian Daya dan Daya Baterai dengan grafik. Kamu dapat mengekspor daftar untuk referensi.

Kekurangan

1. Kamu tidak dapat menyesuaikan interval waktu pengambilan sampel. Titik referensi data cukup kecil, sehingga sulit untuk melihat tren baterai.

2. Aplikasi ini hanya dapat menyimpan data baterai selama 30 hari.

(brl/red)