Microsoft berencana mengakuisisi Sega dan Bungie untuk memperluas jangkauan Xbox Game Pass

Microsoft berencana mengakuisisi Sega dan Bungie untuk memperluas jangkauan Xbox Game Pass

Techno.id - Di dunia game, ada perbincangan menarik yang saat ini menjadi trending. Microsoft disebut-sebut memiliki rencana ambisius untuk mengakuisisi sejumlah pengembang (developer) game, termasuk Sega dan Bungie.

Selain kesaksian Kepala Xbox Phil Spencer, saat ini masih ada pertarungan hukum yang sedang berlangsung antara Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat dan Microsoft mengenai rencana Microsoft untuk mengakuisisi Activision Blizzard telah mengarah pada pengungkapan berbagai dokumen rahasia. Di antaranya adalah email dari Spencer yang dikirim pada tahun 2020 yang menguraikan strategi untuk mempercepat Xbox Game Pass melalui penetapan target akuisisi.

Seperti dilaporkan The Verge, meskipun email tersebut berfokus pada Sega, tapi juga disebutkan bahwa target akuisisi strategis berikutnya seperti tertera pada sebuah dokumen tahun 2021 yang mengungkapkan daftar perusahaan yang diincar Microsoft untuk diakuisisi sebagai bagian dari Xbox Game Studios. Diantaranya adalah Bungie, IO Interactive, Supergiant Games, Niantic, dan Zynga.

Microsoft berencana mengakuisisi Sega dan Bungie untuk memperluas jangkauan Xbox Game Pass foto: bungie

Bisa dikatakan, perusahaan-perusahaan tersebut adalah nama-nama besar dalam industri ini. IO Interactive misalnya terkenal dengan seri Hitman, sementara Pokmon Go dari Niantic telah mengumpulkan banyak penggemar dari seluruh dunia. Sementara Zynga adalah kekuatan dominan di pasar mobile, sementara Destiny 2 dari Bungie terus berkembang bahkan enam tahun setelah dirilis.

Rencana akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft menarik cukup banyak perhatian. Bahkan raksasa teknologi ini disebut-sebut telah membuat kesepakatan bersejarah dengan Nintendo untuk berupaya menghadirkan Call of Duty ke konsol perusahaan video game asal Jepang tersebut.

(brl/red)