4 Penyebab baterai Apple Watch cepat terkuras dan begini cara mengatasinya

4 Penyebab baterai Apple Watch cepat terkuras dan begini cara mengatasinya

Techno.id - Sama dengan smartphone, masalah pengurasan baterai juga dapat dialami jam tangan pintar seperti Apple Watch. Dibanding jam tangan tradisional yang dapat bertahan selama bertahun-tahun dengan satu baterai, Apple Watch bahkan tidak dapat bertahan hingga satu minggu dengan sekali pengisian daya.

Ponsel cerdas dan jam tangan pintar sangat mirip dalam hal manajemen daya. Artinya faktor yang sama yang harus kamu pertimbangkan untuk ponsel, juga harus kamu perhatikan di Apple Watch.

Idealnya, faktor penguras baterai ini akan dikaitkan dengan tampilan, pencahayaan, dan permintaan pemrosesan jam tangan. Berikut beberapa penyebab Apple Watch kamu boros daya.

1. Kecerahan yang terlalu tinggi

4 Penyebab baterai Apple Watch cepat terkuras dan begini cara mengatasinya foto: freepik

Apple Watch menggunakan layar OLED, yang umumnya lebih hemat daya daripada LCD dengan lampu latar. Namun tetap membutuhkan daya baterai yang cukup besar untuk menerangi layar, terutama jika menampilkan warna-warna cerah.

Menggabungkan ini dengan kecerahan layar yang tinggi, akan lebih banyak daya baterai yang terkuras. Itulah mengapa kecerahan layar menjadi penyebab utama baterai jam tangan pintar terkuras lebih cepat dari yang seharusnya.

Berbeda dengan iPhone, kamu tidak dapat menyesuaikan kecerahan dari Pusat Kontrol. Kamu harus masuk ke Pengaturan. Temukan opsi Tampilan & Kecerahan dan ketuk ikon matahari di sebelah kiri untuk mengurangi kecerahan. Kamu juga dapat menyesuaikan kecerahan dengan memutar Digital Crown saat berada di menu tersebut.

2. Terlalu mengandalkan konektivitas selular dan GPS

4 Penyebab baterai Apple Watch cepat terkuras dan begini cara mengatasinya foto: freepik

Ada mitos popular bahwa Wi-Fi dan Bluetooth menguras baterai perangkat, karena itu kamu harus mematikannya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Sebab Wi-Fi dan Bluetooth membutuhkan lebih banyak daya saat tersambung, tetapi membiarkannya menyala untuk terhubung dengan perangkat lain tidak memerlukan daya yang cukup besar.

Penyebab sebenarnya di antara opsi konektivitas adalah GPS dan konektivitas selular. Baterai lithium-ion (Li-on) kecil di jam tangan pintar harus berjuang untuk mengimbangi upaya berkelanjutan dalam berkomunikasi dengan banyak satelit (untuk GPS) dan menara selular.

Kamu dapat mematikan selular dengan membuka Pusat Kontrol di Apple Watch dan mengetuk ikon selular. Sedangkan untuk GPS, berfungsi melalui aplikasi yang membutuhkan lokasi. Pertimbangkan untuk menutup aplikasi ini dan menghindarinya saat kamu perlu menghemat baterai.

Kamu dapat menonaktifkan Layanan Lokasi dengan mematikannya di panel Privasi jam tangan pintar di Pengaturan. Sebagian besar Apple Watch akan menggunakan GPS iPhone secara default untuk menghemat baterai.

3. Aplikasi yang menguras baterai di latar depan dan latar belakang

4 Penyebab baterai Apple Watch cepat terkuras dan begini cara mengatasinya foto: freepik/nensuria

Apple Watch memiliki aplikasi latar belakang yang diatur dengan baik, dan fungsinya tidak persis sama dengan iPhone. Pertama, aplikasi tersebut tidak sering memperbarui di latar belakang, dan watchOS membatasi penyegaran aplikasi latar belakang untuk sebagian besar aplikasi jam tangan pintar mandiri.

Apple Watch kamu mungkin tidak memperbarui semua aplikasi di latar belakang, tetapi iPhone kamu yang melakukannya. Itu biasanya tidak menjadi masalah, kecuali semua notifikasi, peringatan, dan bahkan panggilan telepon akan menghubungi kamu dari jam tangan. Layar terus-menerus berkedip dan menyala, dan getaran yang sering terjadi dapat merusak baterai.

Untungnya, mode Daya Rendah akan mengurangi penyegaran aplikasi latar belakang, membatasi notifikasi, mengurangi animasi, menonaktifkan tampilan selalu aktif, dan banyak lainnya. Aktifkan di Apple Watch kamu dengan membuka Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah.

4. Baterai yang rusak

4 Penyebab baterai Apple Watch cepat terkuras dan begini cara mengatasinya foto: freepik/zurijeta

Seperti semua perangkat bertenaga baterai, Apple Watch memiliki masa pakai. Jika kamu menggunakan Apple Watch generasi pertama, kedua, ketiga, atau bahkan keempat, dan kamu telah menggunakannya setiap hari sejak memilikinya, masa pakai baterainya mungkin hampir habis.

Baterai lithium-ion menjadi sedikit kurang kuat dengan setiap siklus pengisian daya. Mengisi daya jam tangan pintar hingga 100% dan membiarkannya mencapai 0% akan membebani siklus pengisian daya.

Itulah mengapa kamu harus menghindari membiarkan jam tangan tetap terpasang meskipun sudah penuh. WatchOS dapat memperlambat pengisian daya setelah 80% untuk menghemat baterai dengan opsi yang disebut Pengisian Daya yang Dioptimalkan.

Kamu dapat memeriksa kesehatan baterai dan mengaktifkan Pengisian Daya yang Dioptimalkan di panel Baterai pada pengaturan jam tangan. Buka Pengaturan, buka Baterai, dan ketuk Kesehatan Baterai.

Kondisi lingkungan seperti suhu ekstrim dapat berdampak buruk pada baterai. Memaparkan jam tangan ke suhu yang sangat panas dapat menyebabkan baterai lebih cepat rusak, sedangkan suhu yang sangat dingin akan mengurangi masa pakai baterai.

(brl/red)