Cara memeriksa kesehatan dan penggunaan baterai Apple Watch

Cara memeriksa kesehatan dan penggunaan baterai Apple Watch

Techno.id - Kamu pengguna Apple Watch? Mungkin kamu sduah tahu jika Apple tidak mengizinkan pengguna mengetahui aplikasi mana yang menggunakan baterai di Apple Watch. Jika kamu ingin memeriksa kesehatan dan penggunaan baterai Apple Watch, kamu dapat melihat informasi ini langsung di aplikasi Pengaturan.

Cara ini berguna apakah baterai Apple Watch kamu tampaknya tidak bertahan selama dulu, atau kamu hanya ingin memastikannya tetap pada kapasitas maksimum selama mungkin.

Masa pakai baterai yang lebih singkat tidak berarti ada yang salah dengan jam tangan kamu. Penuaan baterai adalah proses umum di mana baterai Apple Watch menua seiring waktu, secara bertahap mengurangi kapasitasnya.

Ini normal untuk semua baterai yang dapat diisi ulang, dan ini terjadi pada semua perangkat, termasuk iPhone. Kamu dapat memperlambat penuaan baterai, tetapi tidak ada cara untuk menghentikannya.

Jika kamu memiliki Apple Watch yang sudah tua, baterainya mungkin tidak lagi berfungsi pada kapasitas maksimum. Berikut cara memeriksa kesehatan baterai Apple Watch.

Cara memeriksa kesehatan dan penggunaan baterai Apple Watch foto: apple

1. Tekan Digital Crown di Apple Watch kamu untuk menampilkan semua app.

2. Buka Pengaturan.

3. Gulir ke bawah dan pilih Baterai.

4. Gulir ke bawah dan ketuk Kesehatan Baterai.

Kamu dapat melihat persentase Kapasitas Maksimum yang dapat dicapai baterai Apple Watch kamu saat ini. Ini adalah persentase dari kapasitas aslinya, 80% biasanya ketika baterai dianggap habis dan mungkin perlu diganti. Lebih jauh ke bawah, kamu juga akan melihat sakelar untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Pengisian Daya yang Dioptimalkan untuk Apple Watch kamu.

Yang perlu dicatat, meskipun kamu tidak dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan baterai di Apple Watch, kamu dapat melihat rincian penggunaan baterai Apple Watch dengan membuka aplikasi Pengaturan dan mengetuk Baterai. Kamu akan melihat bagan yang menunjukkan level baterai saat habis dan terisi daya selama 24 jam terakhir.

Jam tangan kamu juga akan memberi tahu kapan terakhir kali diisi dayanya dan berapa persentasenya. Sama seperti cara menghemat masa pakai baterai di iPhone, ada metode untuk membuat baterai di Apple Watch bertahan seiring bertambahnya usia. Kesehatan baterai dan detail penggunaan yang dapat kamu lihat mungkin tidak setepat iPhone, tetapi dengan memantaunya, kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa baik baterai Apple Watch kamu berfungsi, bahkan setelah kamu menggunakannya selama beberapa tahun.

(brl/red)