Apple kini dilarang menjual Apple Watches terbarunya di Amerika Serikat, ini alasannya

Apple kini dilarang menjual Apple Watches terbarunya di Amerika Serikat, ini alasannya

Techno.id - Apple kini tidak dapat lagi menjual Watch Series 9 dan Watch Ultra 2 di Amerika Serikat (AS) setelah pemerintahan Presiden Joe Biden menolak memveto larangan tersebut hari ini, Selasa (26/12). Seperti dilaporkan The Verge, Apple menarik kedua perangkat dari situs webnya pada 21 Desember 2023 dan dari rak tokonya setelah 24 Desember 2023.

Sebuah pernyataan melalui CNBC dari Kantor Perwakilan Perdagangan AS Katherine Tai mengatakan agensi memutuskan untuk tidak membatalkan penetapan ITC (Komisi Perdagangan Internasional] setelah pertimbangan yang cermat.

ITC mengeluarkan larangan tersebut setelah menemukan fakta bahwa Apple melanggar teknologi saturasi oksigen darah yang dipatenkan sebuah perusahaan bernama Masimo. Karena itu ITC juga memerintahkan Apple berhenti menjual perangkat tersebut.

Apple kini dilarang menjual Apple Watches terbarunya di Amerika Serikat, ini alasannya foto: apple

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan Reuters, seorang juru bicara Apple yang tidak disebutkan namanya mengonfirmasi bahwa mereka mengajukan banding atas keputusan ITC. Juru bicara tersebut mengatakan, Apple sangat tidak setuju dengan keputusan ITC.

Apple pun mengajukan mosi darurat ke Pengadilan Banding AS hari ini, dalam upaya untuk menghentikan larangan tersebut. Apple meminta pengadilan untuk menghentikan larangan tersebut sampai keputusan Bea Cukai AS jatuh tempo pada 12 Januari tentang apakah jam tangan Apple yang didesain ulang menghindari paten Masimo. Apple juga telah menyertakan fitur pulse oximeter di jam tangan pintarnya yang dimulai dengan model Seri 6 pada tahun 2020.

Apple kini dilarang menjual Apple Watches terbarunya di Amerika Serikat, ini alasannya foto: apple

Apple berpendapat bahwa temuan ITC itu salah dan harus dibatalkan. Minggu lalu Apple menghentikan penjualan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 di AS, meskipun jam tangan tersebut tetap tersedia dari pengecer lain termasuk Amazon, Best Buy, dan Walmart.

Apple berusaha untuk memblokir keputusan tersebut sambil menunggu banding, dan ITC menolak permintaan Apple. Larangan tersebut hanya memengaruhi toko Apple di AS. Itu berarti pelanggan masih bisa mendapatkan Watch Series 9 atau Watch Ultra 2 di Best Buy, Target, dan pengecer lainnya selama persediaan masih ada. Apple juga akan terus menjual Watch SE, karena tidak dilengkapi dengan sensor oksigen darah.

(brl/red)