4 Cara merekam audio menggunakan smartphone Android

4 Cara merekam audio menggunakan smartphone Android

Cara merekam audio menggunakan ponsel

3. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

4 Cara merekam audio menggunakan smartphone Android foto: play.google.com

Jika ponsel kamu tidak memiliki perekam layar, kamu dapat mengunduhnya dari Google Play Store. Salah satu aplikasi yang cukup direkomendasikan adalah XRecorder besutan InShot. Ini adalah salah satu perekam layar terbaik untuk Android dan menawarkan banyak fitur, termasuk kemampuan untuk merekam audio internal dan eksternal secara bersamaan. Buka aplikasi XRecorder di perangkat Android kamu dan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Pilih Aktifkan ikon mengambang lalu Tampilkan di atas aplikasi lain untuk menampilkan menu ikon mengambang di atas aplikasi. Kemudian, Izinkan XRecorder untuk mengakses foto dan video.

2. Ketuk ikon roda gigi di aplikasi untuk membuka pengaturannya. Kemudian, pilih Pengaturan Audio di bawah bagian Video.

3. Pilih Mikrofon, Audio Internal, atau Internal dan mikrofon, tergantung pada apa yang ingin kamu rekam.

4. Sekarang, buka aplikasi atau game yang ingin kamu rekam. Ketuk ikon mengambang XRecorder di layar kamu.

5. Pilih tombol Rekam untuk memulai perekaman. Pengatur waktu perekaman akan segera muncul.

6. Setelah selesai, ketuk ikon mengambang dan tekan tombol Stop berwarna merah. Video kamu akan disimpan di aplikasi XRecorder, dan kamu dapat mengeditnya sebelum membagikannya.

Ada banyak cara untuk merekam layar ponsel Android kamu selain menggunakan aplikasi seperti XRecorder.

4. Rekam audio menggunakan mikrofon eksternal

4 Cara merekam audio menggunakan smartphone Android foto: freepik/weerachon

Jika kamu seorang pembuat konten atau vlogger, kamu pasti tahu bahwa kualitas audio sangat penting untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Meskipun mikrofon internal ponsel dapat melakukan pekerjaan yang wajar, berinvestasi pada mikrofon eksternal dapat memastikan rekaman audio yang lebih berkualitas.

Kamu memiliki beberapa pilihan mikrofon untuk ponsel Android yang sesuai dengan anggaran, termasuk mikrofon lavalier yang terjangkau yang dapat dicolokkan ke jack headphone 3,5 mm pada ponsel.

Jika ponsel kamu tidak memiliki jack headphone, kamu dapat memilih mikrofon USB-C untuk dicolokkan ke perangkat dan merekam suara. Jika itu tidak cukup nyaman, kamu bisa mendapatkan mikrofon Bluetooth nirkabel yang dapat dijepitkan ke baju untuk merekam suara saat melakukan vlogging.

(brl/red)