4 Cara merekam audio menggunakan smartphone Android

4 Cara merekam audio menggunakan smartphone Android

Techno.id - Perangkat Android memudahkan untuk merekam audio eksternal tanpa menggunakan alat perekam yang mahal. Kamu bahkan dapat merekam suara sistem dan menambahkan sulih suara jika diperlukan. Berikut beberapa cara untuk merekam audio menggunakan smartphone Android.

1.Menggunakanperekam bawaan smartphone

4 Cara merekam audio menggunakan smartphone Android foto: feepikcontributorthailand

Sebagian besar ponsel Android terbaru dilengkapi dengan aplikasi perekam suara atau perekam bawaan. Langkah-langkah untuk aplikasi perekaman bawaan ponsel mungkin sedikit berbeda.

1. Usap ke atas dari bagian bawah layar ponsel untuk membuka laci aplikasi. Cari aplikasi Perekam dan luncurkan.

2. Ketuk tombol mikrofon bundar di bagian bawah untuk memulai perekaman. Jika kamu belum mengaktifkannya, Anda harus memberikan izin kepada aplikasi Perekam untuk menggunakan mikrofon.

3. Bicaralah ke mikrofon untuk merekam suara. Sebagian besar mikrofon ponsel terletak di bagian bawah handset, jadi pastikan kamu menjaga jarak dari mikrofon saat berbicara. Jika kamu merekam audio lain, arahkan mikrofon ke arah suara. Jangan menutupi mikrofon dengan tangan secara tidak sengaja saat memegang ponsel.

4. Setelah perekaman dimulai, kamu dapat menggunakan pengatur waktu yang muncul untuk melacak durasinya. Setelah selesai merekam, ketuk tombol Jeda.

5. Kemudian, untuk menyimpan rekaman, ketuk tanda centang di sudut kanan atas atau tombol Stop, tergantung pada perangkat kamu. Ini akan memunculkan opsi untuk menamai rekaman dan menyimpannya. Jika kamu tidak puas dengan hasil rekamannya, ketuk tombol X di sudut kiri atas dan ketuk Hapus.

Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah membuat rekaman di ponsel tanpa aplikasi pihak ketiga atau perangkat keras tambahan. Semua rekaman yang kamu simpan akan tersedia di aplikasi Perekam di bawah Semua rekaman saat kamu membuka aplikasi.

2. Gunakan fitur perekam layar ponsel

4 Cara merekam audio menggunakan smartphone Android foto: freepik

Sebagian besar ponsel yang menjalankan Android 10 atau yang lebih baru memiliki fitur perekaman layar bawaan, yang dapat kamu gunakan untuk merekam audio. Prosedurnya dapat sedikit berbeda tergantung pada perangkat kamu.

1. Usap ke bawah dari bagian atas layar ponsel dua kali untuk membuka menu Pengaturan Cepat. Kamu mungkin perlu mengusap ke kiri untuk menemukan fitur Perekam Layar. Ketuk di atasnya, dan menu Perekam Layar akan muncul di layar dengan tombol untuk Rekam, Audio, Mikrofon, dan Tutup atau Berhenti.

2. Ketuk tombol Audio atau Mikrofon. Pilihan untuk Merekam suara sistem atau Merekam suara mikrofon akan muncul di layar.

3. Pilih Audio mikrofon untuk merekam suara kamu atau suara eksternal lainnya menggunakan mikrofon ponsel.

4. Jika kamu ingin merekam audio aplikasi atau game, pilih opsi Rekam suara sistem. Pilih aplikasi atau game yang ingin kamu rekam dan ketuk tombol Rekam berwarna merah. Perekaman layar akan dimulai, begitu juga dengan pengatur waktu.

5. Ketuk tombol Jeda untuk menjeda perekaman dan ketuk tombol Putar untuk melanjutkan.

6. Setelah selesai merekam, ketuk tanda centang putih untuk menyimpan rekaman. Rekaman layar kamu akan disimpan ke galeri ponsel. Kamu juga dapat mengakses perekaman layar dengan membuka bagian Video di aplikasi File Saya.

Kamu dapat menggunakan fitur perekam layar untuk berbagi game dan merekam komentar. Untuk itu, pilih opsi Rekam suara sistem dan Rekam suara mikrofon. Kemudian, mainkan game kamu dan bicaralah ke mikrofon ponsel untuk menyoroti momen-momen menarik.

(brl/red)