Cara mencegah suara smartphone pecah, ini 5 tips yang harus kamu ketahui

Cara mencegah suara smartphone pecah, ini 5 tips yang harus kamu ketahui

Techno.id - Dalam era teknologi yang semakin canggih, smartphone menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. terutama pengguaan smartphone pada kegiatan sehari-hari. Namun, seringkali kita mengalami masalah yang menyebalkan karena penggunaan dalam jangka panjang atau berat yang membuat bebrapa fitur pada smartphone mengalami kerusakan.

Suara smartphone yang pecah menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi pemilik smartphone. Techno.id akan memberikan 5 cara untuk mencegah suara smartphone pecah, Jumat (10/11).

1. Hindari volume suara yang terlalu tinggi

Cara mencegah suara smartphone pecah, ini 5 tips yang harus kamu ketahui foto: freepik/8photo

Menggunakan volume suara yang terlalu tinggi dapat merusak speaker smartphone secara bertahap. Hal ini dikarenakan getaran yang tinggi dapat merusak membran pada speaker smartphone. Usahakan untuk menggunakan volume yang nyaman dan tidak terlalu keras agar tidak memberikan tekanan berlebih pada speaker yang membuaat kerusakan itu terjadi.

2. Gunakan aplikasi equalizer dengan bijak

Cara mencegah suara smartphone pecah, ini 5 tips yang harus kamu ketahui foto: freepik

Beberapa smartphone memiliki aplikasi equalizer bawaan yang memungkinkan pengguna menyesuaikan pengaturan suara dengan baik. Hal ini tentunya dapat membantu pengguna menggunakan speaker smartphone dengan bijak dan baik. Equalizer dapat menghindari kenaikan terlalu banyak pada frekuensi tertentu terutama pada level tinggi, dan hal ini dapat menjaga kondisi speaker agar tidak mengalami kerusakan.

3. Hindari paparan air dan kelembaban

Cara mencegah suara smartphone pecah, ini 5 tips yang harus kamu ketahui foto: freepik

Speaker smartphone rentan terhadap kerusakan akibat air serta kelembaban. Kamu dapat menghindari penggunaan smartphone dalam kondisi basah atau di dekat sumber air. Jangan menyimpan smartphone di tempat yang lembab atau berdebu, karena hal ini juga dapat merusak speaker.

4. Periksa aplikasi yang memiliki suara berlebihan

Cara mencegah suara smartphone pecah, ini 5 tips yang harus kamu ketahui foto: freepik/rawrpixel.com

Beberapa aplikasi atau game memiliki efek suara yang sangat keras dan intens. yang membuat speaker bekerja dengan cukup keras. Pastikan untuk memeriksa dan mengatur pengaturan suara di aplikasi tersebut agar tidak memberikan tekanan berlebih pada speaker yang menyebabkan kerusakan.

5. Lakukan pemeliharaan rutin

Cara mencegah suara smartphone pecah, ini 5 tips yang harus kamu ketahui foto : freepik/bublikhaus

Melakukan pemeliharaan secara rutin dan membersihkan speaker smartphone dengan hati-hati dapat membantu serta mencegah kerusakan pada speaker smartphone. Gunakan sikat halus atau udara bertekanan rendah untuk membersihkan debu atau kotoran yang mungkin masuk ke speaker. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya debu atau kotoran kedalam speaker yang dapat menyebabkan kerusakan.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, kamu dapat meningkatkan perlindungan smartphone dan mengurangi risiko suara pecah akibat berbagai kejadian tidak terduga. Ingatlah bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada mengatasi kerusakan, sehingga merawat smartphone dengan baik merupakan investasi jangka panjang untuk kenyamanan penggunaan sehari-hari.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)