4 Cara menggunakan AI agar dapat mempermudah kamu bekerja dengan file PDF

4 Cara menggunakan AI agar dapat mempermudah kamu bekerja dengan file PDF

Techno.id - PDF adalah tulang punggung berbagi dokumen akademik dan profesional. Meskipun sangat serbaguna, namun PDF bisa jadi sulit untuk dinavigasi dan diproses, terutama untuk file yang lebih besar atau banyak dokumen. Nah dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) kamu dapat meningkatkan produktivitas menggunakan PDF.

1. Meringkas PDF dengan AI

4 Cara menggunakan AI agar dapat mempermudah kamu bekerja dengan file PDF foto: freepik

Terkadang, kamu hanya memerlukan sorotan gambaran besar dari PDF yang panjang, tanpa terjebak dalam detailnya. Kamu juga bisa dengan cepat untuk mengetahui apakah sebuah dokumen layak dibaca atau tidak. Kamu bisa menggunakan ChatGPT untuk membaca PDF secara gratis, tetapi alternatif seperti Microsoft Copilot dan Gemini AI menawarkan lebih banyak lagi.

Gemini AI, dengan plugin Google Workspace-nya, dapat mengakses Google Drive dan file PDF di dalamnya. Untuk meringkas dokumen PDF, kamu hanya perlu menuju ke Gemini, lalu memintanya untuk mengakses dokumen tersebut dan memberi ringkasan.

Agar fitur ini berfungsi dengan baik, kamu harus memberikan nama deskriptif unik pada file PDF kamu. Kemudian, berikan perintah ringkasan lengkap tentang file PDF tersebut. Gemini akan memberikan ringkasan PDF dan terorganisir dengan baik yang mencakup sebagian besar topik yang disertakan dalam dokumen asli.

Sementara Microsoft Copilot, dapat kamu akses di dalam Microsoft Edge. Platform ini sedikit lebih nyaman daripada Gemini. Copilot dapat mengakses PDF secara langsung, jadi kamu tidak perlu mengunggahnya dan membuka AI di tab lain. Copilot bahkan menyarankan prompt ringkasan, sehingga mudah untuk memulai.

2. Mengobrol dengan PDF

4 Cara menggunakan AI agar dapat mempermudah kamu bekerja dengan file PDF foto: freepik/rawpixel.com

Kamu mungkin ingin lebih dari sekadar mengekstrak informasi dasar dari PDF, dan memahami artinya. Antarmuka obrolan yang didukung AI memungkinkan kamu berinteraksi dengan PDF seolah-olah mereka adalah asisten yang berpengetahuan luas.

Kamu dapat mengajukan pertanyaan tentang konten PDF dalam bahasa alami. AI akan menganalisis kueri kamu dan mengontekstualisasikannya dengan dokumen, dan memberikan jawaban yang relevan.

Ada banyak alat AI yang menjawab pertanyaan dari PDF. Sebagian besar menggunakan ChatGPT, tetapi pengembangnya telah melatih mereka untuk bekerja dengan PDF. Jika kamu lebih suka tetap menggunakan nama-nama besar, Gemini dan Copilot adalah pilihan yang tepat.

Google Gemini menggunakan proses yang sama seperti sebelumnya, memuat PDF dari Google Drive, dan mengajukan pertanyaan tentangnya. Ketidaknyamanan kecil adalah Gemini AI terkadang membutuhkan dorongan untuk mengakses file. Jika petunjuknya tidak tepat, maka jawabannya tidak dapat mengakses file PDF karena masalah keamanan dan privasi.

Triknya di sini adalah mendorong Gemini untuk mengakses PDF terlebih dahulu, lalu menindaklanjuti pertanyaan. Mulailah dengan mengajukan satu pertanyaan tentang PDF kamu untuk mendorong Gemini terlibat dengan konten Drive. Kemudian, tindak lanjuti dengan lebih banyak pertanyaan. Berikan perintah atau pertanyaan mengenai isi PDF kamu. Setelah mendapat tanggapan, kamu dapat menindaklanjuti pertanyaan lainnya, satu per satu.

Sedangkan pendekatan percakapan Microsoft Copilot merupakan keuntungan besar dalam hal mengobrol dengan file PDF. Ingatlah untuk menandai PDF menggunakan @This page untuk membatasi jawaban atas konten dokumen.

3. Dapatkan wawasan dari beberapa PDF dengan AI

4 Cara menggunakan AI agar dapat mempermudah kamu bekerja dengan file PDF foto: freepik/rawpixel.com

Saat penelitian mencakup lebih dari satu PDF, batas file tunggal Gemini dan Copilot dapat menghambat kemajuan. NotebookLM Google, salah satu notebook AI terbaik yang dapat membantu. Kamu dapat mengunggah atau menulis catatan dan NotebookLM akan merespons berdasarkan catatan tersebut. Yang terbaik adalah kamu juga dapat mengunggah PDF.

NotebookLM memungkinkan kamu memilih catatan khusus untuk setiap diskusi, memberikan kemungkinan tak terbatas untuk penelitian. Misalnya, kamu dapat membandingkan laporan perusahaan dari tahun yang berbeda atau referensi silang makalah ilmiah dan mendapatkan wawasan instan ke dalam dokumen. NotebookLM juga langsung memberikan ringkasan setiap PDF.

NotebookLM juga bisa memberikan kutipan untuk setiap fakta yang disampaikan. Kamu dapat mengklik setiap kutipan untuk memeriksa ulang apakah informasi tersebut memang dari file PDF kamu.

4. Hasilkan kuis dari PDF dengan AI

4 Cara menggunakan AI agar dapat mempermudah kamu bekerja dengan file PDF foto: freepik/frolopiaton-palm

Baik untuk tujuan pelatihan, penilaian karyawan, atau pendidikan, AI dapat membantu kamu belajar dari PDF. Alat AI dapat menganalisis konten PDF dan membuat kuis atau pemeriksaan pengetahuan yang sesuai berdasarkan informasi di dalamnya.

Copilot bekerja lebih baik daripada Gemini dalam hal membuat kuis. Masukkan prompt sederhana untuk menghasilkan kuis praktis dengan Copilot. Sedangkan NotebookLM adalah alat yang lebih kuat untuk membuat kuis. Kemampuan NotebookLM untuk menggunakan banyak PDF memungkinkannya membuat kuis yang mencakup berbagai topik untuk penilaian menyeluruh.

Seiring berkembangnya teknologi AI, cara kita berinteraksi dengan PDF tidak diragukan lagi akan menjadi lebih canggih. Ingat, AI hadir untuk membantu, bukan menggantikan pemikiran kritis kamu. Selalu verifikasi informasi dan konsultasikan dengan pakar manusia, terutama di bidang sensitif.

(brl/red)