Kirim file PDF di WA jadi modus baru, perhatikan jenis dan cara cegah kejahatan phising di HP Android

Kirim file PDF di WA jadi modus baru, perhatikan jenis dan cara cegah kejahatan phising di HP Android

Techno.id - Tidak hanya kenyamanan, menggunakan teknologi memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan seperti serangan siber. Upaya peretasan dari waktu ke waktu terus berganti format bahkan beradaptasi. Salah satunya seperti tindakan phising.

Phising sendiri berasal dari kata fishing dalam bahasa Inggris yang jika diterjemahkan bermakna memancing. Tindakan phising adalah upaya peretasan guna menjebak korban dalam mengambil informasi pribadi dengan tujuan kejahatan.

Beberapa waktu terakhir, ancaman phising kembali hadir dengan format file PDF. Lebih detailnya, file tersebut sebetulnya adalah aplikasi penjebak yang hanya diganti namanya menjadi PDF. Tentu pengguna awalnya akan tidak merasa terancam mengingat PDF adalah jenis file yang lumrah biasanya dalam kehidupan sehari-hari.

Namun ketika diklik, aplikasi tersebut ternyata adalah sebuah malware. Umumnya, phising memang didesain bagaimana aplikasi ini menyamar sebagai objek yang akan mendapatkan kepercayaan penggunanya.

Phising merupakan satu dari sekian upaya penipuan berbasis digital. Oleh karena itu sebaiknya kamu patut menghindarinya. Terdapat beberapa jenis phising.

Kirim file PDF di WA jadi modus baru, perhatikan jenis dan cara cegah kejahatan phising di HP Android

foto: freepik.com

Yang pertama adalah phising melalui email. Jenis ini melakukan penjebakan melalui email, menjadikannya sebagai media untuk menyerang calon korbannya. Konon, setiap harinya dikirimkan sekitar 3,4 miliar email palsu.

Lalu yang kedua adalah phising dengan metode Spear phising. Spear phising merupakan jenis phising melalui email. Perbedaannya, daripada mengirimkan email secara massal kepada calon korban yang acak, spear phising memilih calon korban tertentu. Biasanya, teknik ini digunakan setelah beberapa informasi dasar tentang calon korban telah diketahui, seperti nama dan alamat.

Kemudian yang ketiga adalah whaling atau phising pada target tingkat tinggi. Whaling merupakan langkah phising yang tidak hanya menargetkan individu secara spesifik, tetapi juga individu yang memiliki posisi atau wewenang tinggi di suatu organisasi, seperti pemilik bisnis, direktur perusahaan, manajer personalia, dan lainnya. Dengan demikian, jika tindakan whaling berhasil, banyak keuntungan yang dapat diperoleh melalui akses yang diperoleh.

Dan yang terakhir diketahui adalah phising melalui situs web. phising melalui situs web adalah upaya untuk memanfaatkan situs web palsu guna menipu calon korban. Situs web phising akan terlihat mirip dengan situs web resmi dan menggunakan nama domain yang serupa. Ini disebut domain spoofing.

Oleh karena itu dengan adanya berbagai jenis phising dan salah satunya yang terbaru yaitu lewat file PDF, sangat penting menjaga keamanan perangkat dari ancaman phising. Dilansir dari berbagai sumber oleh techno.id pada Senin (29/5), berikut 9 cara mudah untuk mencegah phising di HP Android.


(brl/guf)