9 Alat AI generatif yang bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu makin moncer

9 Alat AI generatif yang bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu makin moncer

Techno.id - Rutinitas kerja terkadang bisa membuat banyak orang pusing dan jenuh. Sebut saja bagaimana kamu harus menemukan ide untuk presentasi, bergulat dengan jadwal kerja, atau ingin menjaga kebersihan kotak masuk email. Kondisi ini jika dibiarkan bisa memengaruhi produktivitas di tempat kerja.

Namun di era digital seperti sekarang, menggunakan alat produktivitas berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) bisa sangat membantu. Bahkan kamu bisa mengatasi berbagai kerepotan yang dialami. Berikut beberapa alat AI terbaik untuk membantu produktivitas kamu di tempat kerja.

1. Jadwalkan hari kamu dengan Reclaim.ai

9 Alat AI generatif yang bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu makin moncer foto: reclaim.ai

Reclaim.ai adalah kalender pintar yang secara otomatis menyesuaikan jadwal kamu berdasarkan tugas, proyek, dan acara di daftar tugas. Jika kamu perlu menyesuaikan beberapa pembelajaran di antara beberapa kelas, jangan khawatir, Reclaim.ai akan menemukan waktu yang tepat. Jika tidak puas dengan jadwal yang dibuat AI, kamu dapat mengatur ulang tugas secara manual.

Kamu harus mempertimbangkan menggunakan Reclaim.ai jika kesulitan menjadwalkan hari kamu seputar janji temu, rapat, dan tugas sensitif waktu lainnya. Jika kamu memiliki hari kerja yang dapat diprediksi atau linier, kamu mungkin menemukan bahwa aplikasi daftar tugas AI lebih berguna untuk mengelola hari kerja kamu yang sibuk.

2. Buat catatan secara efektif dengan NotebookLM

9 Alat AI generatif yang bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu makin moncer foto: notebooklm

NotebookLM memudahkan untuk mengumpulkan informasi, baik itu catatan rapat kasar atau PowerPoint. Alat AI ini dapat memeriksa, meringkas, dan bahkan menjawab pertanyaan tentang materi yang kamu tambahkan ke buku catatan pribadi.

NotebookLM sangat ideal jika kamu perlu mengelola panduan referensi cepat pribadi tetapi tidak memiliki waktu untuk mengedit atau memelihara catatan. Membuat buku catatan semudah menambahkan sumber seperti Google Dokumen, teks biasa, atau PDF dan memasukkan beberapa petunjuk AI cerdas.

3. Transkripsikan rapat tim dengan Krisp.ai

9 Alat AI generatif yang bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu makin moncer foto: krisp.ai

Mengumpulkan catatan rapat yang seabrek untuk buku catatan menjadi lebih mudah dengan alat transkripsi otomatis seperti Krisp.ai. Kamu dapat menyalin rapat di Zoom, Team, Google Meet, dan aplikasi lain tanpa menambahkan "bot" AI apa pun ke rapat.

Dengan Krisp.ai, kamu juga dapat menikmati peredam bising bertenaga AI yang luar biasa. Krisp.ai mampu menghilangkan keyboard yang berisik, suara yang keras dari latar belakang dengan mudah. Ini memastikan bahwa mikrofon di bawah standar atau lingkungan yang keras tidak akan menghalangi kamu berbicara dengan jelas.

4. Lakukan penelitian mendalam dengan Perplexity.ai

9 Alat AI generatif yang bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu makin moncer foto: perplexity.ai

Kamu mungkin memerlukan catatan jika sedang menyaksikan presentasi, tetapi jika kamu membuat presentasi atau proposal sendiri, asisten peneliti AI yang andal dapat membantu.

Perplexity.ai merupakan pilihan yang ideal, karena menggabungkan kenyamanan alat seperti ChatGPT dengan jawaban yang akurat. Perplexity.ai tidak cocok sebagai alat penelitian mandiri, tetapi dapat menjadi aset berharga di kotak peralatan jika kamu perlu merampingkan proses penelitian.

5. Buat ringkasan yang mudah dibaca dengan PDF.ai

9 Alat AI generatif yang bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu makin moncer foto: pdf.ai

Kamu yang ingin melanjutkan penelitian atau mempelajari dokumentasi baru yang panjang, dapat menggunakan alat ringkasan yang mudah dibaca seperti PDF.ai. Di luar kemampuannya yang kuat untuk memadatkan dokumen yang panjang, PDF.ai juga memungkinkan kamu mengekstrak sumber dari dokumen secara instan dan dapat menjawab pertanyaan tentang konten PDF.

PDF.ai hanya memungkinkan kamu mengajukan 500 pertanyaan tentang satu dokumen per bulan secara gratis. Tetapi paketnya dengan harga terjangkau sepadan dengan biayanya jika kamu perlu membaca sekilas dokumen yang panjang.

(brl/red)