4 Cara mendapatkan lebih banyak masa pakai baterai jam tangan pintar Wear OS

4 Cara mendapatkan lebih banyak masa pakai baterai jam tangan pintar Wear OS

Techno.id - Masalah masa pakai baterai saat ini menjadi isu yang terus diprhatikan pengguna gadget. Saat jauh dari rumah atau sumber listrik, para pengguna mengkhawatirkan kelangsungan hidup gadget mereka. Ponsel mereka bisa mati, begitu juga laptop, tak terkecuali jam tangan pintar (smartwatch).

Terlepas dari semua kemajuan teknologi yang berkembang cepat saat ini, masa pakai baterai tampaknya tidak jauh melampaui penggunaan standar 24 jam untuk banyak perangkat.

Dibatasi oleh fisik perangkat keras, produsen malah menerapkan penyesuaian hemat baterai ke dalam perangkat lunak, seperti Mode Daya Rendah yang akan bisa ditemukan pada Apple Watch dan iPhone. Pengaturan ini sebenarnya dapat membuat perbedaan, dan juga tersedia di Wear OS.

Jika kamu menggunakan jam tangan Wear OS seperti OnePlus Watch 2 atau Samsung Galaxy Watch 6, ada beberapa trik yang dapat kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai..

1. Mulailah dengan layar

4 Cara mendapatkan lebih banyak masa pakai baterai jam tangan pintar Wear OS foto: freepik

Seperti gadget lainnya, pengurasan baterai smartwatch juga terjadi pada jam tangan pintar. Jadi sebaiknya gunakan layar sesedikit mungkin. Mulailah dengan membuka aplikasi Jam Tangan Wear OS di ponsel dan mengetuk Preferensi jam tangan > Tampilan dan gerakan untuk membuat perubahan.

1. Kurangi penundaan batas waktu layar sehingga tampilan mati lebih awal setelah kamu berhenti berinteraksi dengan smartwatch.

2. Matikan opsi always-on screen agar tampilan tidak menggunakan daya tahan baterai saat kamu tidak melihatnya.

3. Matikan opsi tilt-to-wake. Ini berguna untuk memeriksa layar, tetapi juga dapat diaktifkan secara tidak sengaja, yang menggunakan daya baterai.

Dengan opsi layar selalu aktif dan kemiringan untuk bangun dimatikan, kamu harus mengetuk layar untuk melihat waktu atau apa pun. Ini adalah salah satu kompromi untuk menghemat baterai.

Kamu juga dapat menyesuaikan kecerahan layar dengan menggeser tampilan jam ke bawah dan mengetuk ikon kecerahan (simbol matahari). Ada juga opsi Kecerahan Adaptif yang menyesuaikan kecerahan, tergantung pada pencahayaan sekitar. Opsi ini dapat menghemat masa pakai baterai meski tidak sebanyak meredupkan layar secara permanen.

2. Pilih tampilan jam baru

4 Cara mendapatkan lebih banyak masa pakai baterai jam tangan pintar Wear OS foto: freepik

Berbicara tentang layar, tampilan jam juga dapat membuat perbedaan nyata pada masa pakai baterai. Ini menentukan berapa banyak piksel yang diterangi. Beralih ke tampilan yang tidak terlalu sibuk dan lebih minim cahaya adalah sesuatu yang dapat kamu coba.

1. Ketuk Tampilan jam di dalam aplikasi jam di ponsel.

2. Geser ke kiri dan kanan untuk menelusuri tampilan jam yang sudah disiapkan. Jika kamu memilih salah satunya, ketuk Edit untuk memodifikasinya (mungkin dengan lebih sedikit elemen di layar) atau Gunakan di jam tangan untuk menerapkannya ke perangkat yang dapat dikenakan.

3. Pilih tambahkan baru untuk memilih tampilan jam lain dari galeri. Saat salah satu dipilih, kamu dapat mengedit warna dan komplikasinya sebelum mengetuk Tambahkan untuk menerapkannya ke jam tangan.

(brl/red)