3 Opsi cara mengganti baterai iPhone yang sudah lemah, pastikan kamu mendapat suku cadang orisinil

3 Opsi cara mengganti baterai iPhone yang sudah lemah, pastikan kamu mendapat suku cadang orisinil

Techno.id - Masalah baterai iPhone masih menjadi perhatian pengguna. Tidak jarang baterai perangkat mereka sudah tidak lagi beroperasi pada kinerja puncak seperti dulu. Ada beberapa penyebab baterai tidak lagi berada di kondisi terbaiknya.

Faktor usia menjadi salah satunya. Maklum, baterai lithium-ion seperti yang banyak digunakan pada sebagain besar smartphone saat ini, termasuk iPhone, akan berkurang kemampuannya seiring penggunaan. Ketika kamu mengetahui jika baterai iPhone kamu harus diganti, maka ada tiga opsi yang bisa kamu lakukan.

1. Ganti baterai di Apple Store

3 Opsi cara mengganti baterai iPhone yang sudah lemah, pastikan kamu mendapat suku cadang orisinil foto: lakesideshopping

Jika kamu melihat beberapa tanda bahwa sudah waktunya untuk mengganti baterai iPhone, kunjungi Apple Store terdekat. Manfaat terbesar mengganti baterai iPhone melalui Apple, kamu akan mendapatkan baterai Apple asli dan bukan unit tiruan, yang bisa berbahaya bagi iPhone kamu.

Kamu juga memiliki kemudahan untuk mengirimkan iPhone ke Apple atau pergi ke salah satu toko ritel Apple untuk mengganti baterai. Membawa iPhone ke Apple bisa dibilang merupakan cara teraman dalam hal perawatan perangkat dan data kamu, karena Apple sangat memperhatikan privasi.

Biaya penggantian baterai iPhone tergantung pada jenis perangkat. Mungkin bisa dibilang lebih mahal jika dibanding dengan opsi lain. Tetapi kamu akan mendapatkan baterai yang terjamin keaslian dan kualitasnya. Jadi sepadan antara budget yang kamu keluarkan dengan baterai yang kamu dapatkan. Jika kamu telah membayar untuk garansi AppleCare+, penggantian baterai gratis selama masa pertanggungan kamu belum kedaluwarsa.

2. Kunjungi penyedia layanan resmi pihak ketiga Apple

3 Opsi cara mengganti baterai iPhone yang sudah lemah, pastikan kamu mendapat suku cadang orisinil foto: apple.mitracare.com

Pilihan lain untuk mengganti baterai iPhone adalah membawanya ke penyedia layanan resmi Apple pihak ketiga. Sama seperti Apple Store, kamu akan mendapatkan suku cadang asli Apple. Biasanya, penyedia layanan resmi Apple pihak ketiga juga memiliki peralatan dan teknisi profesional yang setara dengan Apple Store. Di Indonesia kamu bisa mengunjungi mitraCare Apple Authorised Service Provider (AASP).

Untuk urusan harga, biasanya mengikuti harga yang sama dengan Apple. Membawa iPhone ke penyedia layanan resmi Apple pihak ketiga adalah alternatif yang sangat baik jika kamu perlu mengganti baterai iPhone dengan cepat dan tidak memiliki akses ke Apple Store terdekat.

3. Lakukan sendiri (DIY)

3 Opsi cara mengganti baterai iPhone yang sudah lemah, pastikan kamu mendapat suku cadang orisinil foto: freepik/nmmobile789

Cara terakhir untuk mengganti baterai iPhone adalah dengan melakukannya sendiri. Kamu dapat mengunjungi toko reparasi swalayan Apple untuk memesan baterai asli dan peralatan yang diperlukan. Namun sebelum kamu melakukan cara ini, pastikan kamu harus meneliti cara mengganti baterai iPhone dengan benar.

Sejatinya tidak disarankan untuk mengganti sendiri baterai iPhone kecuali kamu adalah teknisi ahli. Sebab, jika tidak hati-hati akan membahayakan kamu dan perangkat. Menusuk baterai ponsel cerdas dapat menyebabkannya meledak, jadi ikuti semua langkah keamanan jika kamu berencana untuk mengganti baterai iPhone sendiri.

(brl/red)