Cara memeriksa kesehatan baterai pada smartphone Android, monitor aplikasi boros daya

Cara memeriksa kesehatan baterai pada smartphone Android, monitor aplikasi boros daya

Techno.id - Kamu mungkin sering melihat indikator baterai smartphone lemah, padahal baru saja mengisi penuh daya ponsel beberapa saat yang lalu. Jika mengalami kondisi tersebut, kamu dapat memeriksa kesehatan baterai dengan meninjau detailnya di aplikasi pengaturan atau menginstal aplikasi pihak ketiga.

Kesehatan baterai adalah indikator penting yang memberi tahu pengguna tingkat penurunan daya baterai sekaligus memberikan informasi tentang kapasitas baterai, suhu, dan siklus pengisian daya.

Sebagian besar ponsel Android menampilkan statistik dasar seperti penggunaan baterai berbagai aplikasi dan detail pengurasan baterai. Jika kamu memiliki ponsel Samsung, maka kamu dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang baterai dengan aplikasi Samsung Members. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AccuBattery, Battery Guru, atau CPU-Z untuk ponsel lain.

Berikut cara memeriksa kesehatan baterai smartphone Android yang dilakukan Techno.id dengan menggunakan ponsel Samsung Galaxy.

1. Memeriksa penggunaan baterai dari menu Pengaturan

Cara memeriksa kesehatan baterai pada smartphone Android, monitor aplikasi boros daya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Kamu dapat melihat penggunaan baterai ponsel dari menu pengaturan. Sebagian besar ponsel menunjukkan aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi daya, sementara beberapa ponsel juga menampilkan suhu baterai.

1. Buka Pengaturan pada ponsel.

2. Pilih Baterai. Atau, cari baterai dari bilah pencarian.

3. Pilih Penggunaan baterai. Menu ini akan menampilkan penggunaan baterai sejak pengisian daya penuh terakhir sekaligus menunjukkan aplikasi mana yang telah menguras baterai ponsel kamu, misalnya Chrome.

4. Untuk melihat detail lebih lanjut, ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas.

5. Pilih Tampilkan penggunaan perangkat secara lengkap.

Pilih salah satu aplikasi dari menu. Kamu akan melihat pilihan seperti Tidak Dibatasi, Dioptimalkan, dan Dibatasi untuk mengelola penggunaan baterai.

2. Memeriksa kesehatan baterai ponsel Samsung dari aplikasi Samsung Members

Cara memeriksa kesehatan baterai pada smartphone Android, monitor aplikasi boros daya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Aplikasi Samsung Members memiliki menu diagnostik untuk menguji kinerja perangkat. Aplikasi ini sudah terinstal di sebagian besar ponsel Samsung. Berikut ini cara memeriksa kesehatan baterai ponsel Samsung.

1. Buka aplikasi Samsung Members.

2. Pilih Diagnostik.

3. Pilih Diagnostik telepon.

4. Ketuk Status baterai. Menu ini akan membuka halaman dengan detail seperti kesehatan, masa pakai, dan kapasitas baterai.

Idealnya, Kamu akan melihat status baterai Normal dan Masa pakai, Baik. Jika kesehatan baterai kamu buruk atau lemah, pertimbangkan untuk mengganti baterai.

3. Memeriksa kesehatan baterai dengan aplikasi pihak ketiga

Cara memeriksa kesehatan baterai pada smartphone Android, monitor aplikasi boros daya accubattery (foto: play.google.com)

Aplikasi pihak ketiga seperti AccuBattery, CPU-Z, dan Battery Guru menampilkan informasi terperinci tentang kesehatan baterai Anda. Aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan informasi yang komprehensif tentang baterai, termasuk kapasitas, suhu, dan detail penggunaan.

(brl/red)