3 Cara membuat banyak folder dalam sekejap di Windows 10 atau 11

3 Cara membuat banyak folder dalam sekejap di Windows 10 atau 11

Cara membuat banyak folder

2. Gunakan Notepad

3 Cara membuat banyak folder dalam sekejap di Windows 10 atau 11 foto: tangkapan layar

Windows Notepad sebenarnya dapat melakukan operasi teknis yang lebih canggih daripada sekadar menulis daftar tugas. Metode di atas cocok jika kamu hanya ingin membuat beberapa folder tanpa subfolder. Tetapi jika kamu ingin membuat subfolder juga, maka cara mudah untuk melakukannya adalah dengan membuat skrip batch melalui Notepad. Berikut ini cara melakukannya.

1. Ketik Notepad di pencarian Windows dan klik Open.

2. Pada jendela Notepad, ketik @ECHO OFF dan klik Enter.

3. Kemudian ketik md diikuti dengan nama folder dan subfolder yang diapit tanda kutip ganda. Sebagai contoh, jika kita ingin membuat folder TECHNO Januari dengan subfolder Windows dan folder TECHNO Februari dengan subfolder Android, kamu ketik di Notepad sebagai: @ECHO OFF md " TECHNO Jan"\"Windows" " TECHNO Feb"\"Android"

4. Setelah kamu mengetikkan nama semua folder dan subfolder yang ingin dibuat, arahkan ke File di sudut kiri atas dan pilih Save as. Beri nama file dengan nama yang diakhiri dengan .bat.

5. Perluas menu tarik-turun untuk jenis Simpan sebagai dan pilih Semua file.

6. Klik OK dan tutup Notepad.

7. Sekarang, arahkan ke lokasi folder dan buka file bat.

Selain itu, Windows juga memungkinkan pengguna mengganti nama beberapa folder sekaligus.

3. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jika kamu merasa menggunakan Command Prompt dan Notepad terlalu memakan waktu, maka kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kamu melakukan hal ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

3 Cara membuat banyak folder dalam sekejap di Windows 10 atau 11 foto: folderfrenzy

1. Soboloft

2. Teks 2 Folder

3. Folder Frenzy

4. FreeCommander XE

5. XMD

Misalnya untuk melakukan tugas tersebut, kamu menggunakan Folder Frenzy, maka berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan.

1. Unduh Folder Frenzy.

2. Ekstrak file yang telah diunduh lalu jalankan.

3. Klik Yes pada prompt konfirmasi.

4. Setelah dialog Folder Frenzy diluncurkan, ketik nama folder yang ingin kamu buat dan klik tombol Create Folder. Folder-folder ini akan dibuat dalam file Folder Frenzy.

Jika kamu tidak lagi membutuhkan alat ini setelah membuat banyak folder, kamu dapat menghapus instalasinya. Cara ini tidak akan secara otomatis menghapus folder yang telah kamu buat menggunakan alat ini, kecuali jika proses penghapusan instalasi secara eksplisit menawarkan untuk melakukannya dan kamu mengonfirmasi tindakan tersebut.

(brl/red)