13 Kode keamanan rahasia Android teratas yang perlu kamu ketahui

13 Kode keamanan rahasia Android teratas yang perlu kamu ketahui

Techno.id - Android adalah sistem operasi selular paling popular di dunia saat ini. Jika kamu telah menggunakan perangkat Android cukup lama, mungkin sudah mengetahui kode Unstructured Supplementary Service Data (USSD).

USSD, juga dikenal sebagai Data Layanan Tambahan Tidak Terstruktur, berupa kode yang digunakan untuk membuka kunci tindakan tersembunyi di ponsel cerdas pengguna.

Nah untuk menjalankan kode keamanan Android ini, kamu harus memasukkannya langsung ke dialer. Jika dimasukkan dengan benar, kode akan menampilkan respons secara otomatis, atau kamu mungkin harus menekan tombol Panggil.

Kategori kode rahasia Android

Ada dua kategori utama pada kode yang dapat kamu jalankan di ponsel Android. Kode Antarmuka MMI atau Man Machine dikonfigurasikan produsen ponsel dan kamu dapat menggunakannya untuk mengakses pengaturan tersembunyi di ponsel. Berikut beberapa kode USSD di ponsel Android yang perlu kamu ketahui.

1. *2767*3855# (hapus perangkat dan instal ulang firmware)

13 Kode keamanan rahasia Android teratas yang perlu kamu ketahui foto: freepik/rawpixel.com

Ini adalah salah satu kode keamanan Android paling efektif yang dapat kamu gunakan untuk menghapus semua informasi dari perangkat dengan cepat. Anggap saja sebagai reset pabrik. Ketik kode ini di dialer kamu dan jalankan, dan itu akan menghapus semua data dari ponsel secara efektif, dan membersihkannya.

Kode ini mengambil satu langkah lebih jauh saat menginstal ulang firmware juga, jadi ini akan menjadi seperti baru, dari segi perangkat lunak. Namun kamu harus kati-hati karena ini adalah hard reset dan akan menghapus semua data, jadi gunakan hanya dalam keadaan darurat saja.

2. *#*#7780#*#* (jalankan pengaturan ulang pabrik)

Jika kamu tidak ingin menjalankan hard reset, ini adalah hal terbaik berikutnya. Mirip dengan reset pabrik, kode ini hanya akan menghapus semua data aplikasi dari perangkat kamu, serta aplikasi apa pun. Kemudian, perangkat akan kembali ke status pabriknya.

Jika kamu tidak ingin bekerja ekstra untuk mengatur ulang dan menginstal ulang firmware, dan hanya ingin menghapus data pribadi, aplikasi, dan data aplikasi apa pun dari perangkat, ini adalah opsi terbaik. Itu membuatnya bagus untuk privasi jika kamu berniat menjual ponsel.

3. *#*#273282*255*663282*#*#* (buat cadangan file media)

13 Kode keamanan rahasia Android teratas yang perlu kamu ketahui foto: freepik/binkontan

Meskipun sulit untuk diingat, kode ini dapat dengan cepat membuat cadangan untuk file media. Jika ponsel kamu terkena serangan malware, dan tidak dapat mengakses fitur cadangannya seperti biasa, kamu masih memiliki alternatif untuk menyimpan file.

Jika kamu tidak bertindak cukup cepat dan beberapa foto kamu terhapus sebelum membuat cadangan, jangan khawatir. Kamu masih dapat memulihkan foto yang dihapus di perangkat Android kamu.

4. *#06# (periksa IMEI perangkat)

Ini adalah kode penting lainnya yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa apakah IMEI perangkat sama dengan yang disebutkan di dalam kotak. Sebagian besar ponsel cerdas modern memiliki cetakan IMEI di bagian belakang, tetapi jika ingin memastikannya, kamu dapat memeriksanya dengan menggunakan kode ini.

Cukup buka dialer, tambahkan kodenya, dan IMEI akan dikembalikan. Jika kamu melakukan ini di perangkat Android Samsung, itu juga akan menampilkan nomor seri perangkat. Ini penting untuk tujuan keamanan, terutama jika kamu membeli perangkat bekas.

5. *#*#1472365#*#* (jalankan tes GPS)

Banyak aplikasi dan layanan Android menggunakan GPS ponsel untuk memastikan pengalaman pengguna yang lancar. Kamu dapat mengakses menu Uji GPS atau informasi GPS Android dengan kode ini. Kamu dapat memeriksa informasi terkait GPS dan bahkan menjalankan tes diagnostik untuk mengetahui mengapa fungsi GPS berhenti berfungsi.

Selain itu, kamu akan mendapatkan lebih banyak informasi seperti kekuatan sinyal atau data lokasi. Jika sinyalnya lemah, hal itu dapat memengaruhi presisi GPS. Dalam hal ini, kamu harus mencoba beberapa metode untuk meningkatkan akurasi lokasi GPS.

6. * # 0 * # (aktifkan mode uji umum)

13 Kode keamanan rahasia Android teratas yang perlu kamu ketahui foto: freepik/rawpixel.com

Ponsel Android tidak berfungsi dengan baik? Kamu akan curiga terhadap pihak ketiga yang mempengaruhinya. Masukkan kode ini di perangkat Android, dan kode ini akan menampilkan serangkaian fitur berbeda, termasuk pengujian sentuh, kamera depan, versi perangkat.

Jika kamu mencurigai adanya gangguan tingkat root pada perangkat, kamu dapat menguji fitur individual menggunakan mode ini. Dari versi perangkat hingga kamera depan, setiap modul dapat diuji secara terpisah.

(brl/red)