3 Fungsi fitur NFC realme C67, bisa duplikasi kartu akses hingga top up uang elektronik

3 Fungsi fitur NFC realme C67, bisa duplikasi kartu akses hingga top up uang elektronik

Techno.id - Seiring dengan perkembangan teknologi yang masif saat ini, gaya hidup berbasis digital, tidak lepas dari kehidupan anak muda baik untuk kebutuhan komunikasi, konektivitas, bahkan hingga transaksi sehari-hari. Nah untuk menjawab kebutuhan dan memberikan kemudahan bagi para anak muda di era digital ini, perangkat realme C67 menghadirkan fitur Near Field Communication (NFC) yang kini hadir dengan fungsi yang telah ditingkatkan.

NFC adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan dua perangkat berkomunikasi satu sama lain. NFC digunakan dalam banyak aplikasi yang berbeda, termasuk kontrol akses, pembayaran nirkabel, dan pertukaran data. Dengan menggunakan NFC, pengguna dapat melakukan koneksi dan transaksi dengan lebih cepat dan efisien.

Nah realme memaksimalkan fungsi fitur NFC pada realme C67 sehingga menawarkan berbagai fungsi untuk menjawab kebutuhan para anak muda. Apa saja ya?

1. Duplikasi kartu akses

3 Fungsi fitur NFC realme C67, bisa duplikasi kartu akses hingga top up uang elektronik foto: realme

Berkembangnya teknologi saat ini turut berdampak pada transformasi di berbagai aspek yang sebelumnya dilakukan secara konvensional. Seperti contoh, jika sebelumnya akses seperti pada perumahan, apartemen, hingga perkantoran dilakukan secara manual, kini akses pintu yang membutuhkan kartu akses semakin mudah ditemukan di sekitar kita.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, fitur NFC pada realme C67 memungkinkan smartphone ini menduplikasi kartu akses yang dimiliki, sehingga kini anak muda tidak harus kesulitan membawa banyak kartu akses baik untuk mengakses gedung kantor atau apartemen bahkan rumah.

Fungsi duplikasi kartu akses melalui NFC merupakan jawaban yang paling praktis, karena sejumlah kartu dapat disimpan secara digital dalam sebuah smartphone. Fitur ini memanfaatkan gelombang radio frekuensi tinggi, yang mana gelombang radio ini mengirimkan data antara kredensial pada kartu dan alat pembaca, sehingga memungkinkan pengguna mendapatkan akses secara nirkabel.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna cukup menduplikasi kartu akses ke dalam smartphone dan mendekatkannya ke alat deteksi pada pintu maupun gerbang untuk membuka akses. Melalui fitur NFC pada realme C67 ini para pengguna akan mendapatkan kenyamanan dan kemudahan di era digitalisasi seperti saat ini.

2. Menyambungkan perangkat dengan cepat

3 Fungsi fitur NFC realme C67, bisa duplikasi kartu akses hingga top up uang elektronik foto: realme

Perkembangan teknologi memberikan kemungkinan pertukaran data atau pairing dengan perangkat lain dilakukan secara nirkabel, salah satunya lewat teknologi Bluetooth. Namun dalam praktiknya melakukan proses pairing tidak serta-merta mudah.

Pengguna perlu melakukan beberapa langkah, seperti mencari sinyal Bluetooth perangkat yang ingin dihubungkan, memasukkan password, dan tidak jarang dibutuhkan input kode sebelum kedua perangkat dapat terkoneksi.

Namun demikian, jika perangkat yang ingin dihubungkan seperti headphone, speaker, atau AIoT dilengkapi dengan chip NFC, pengguna bisa menyentuhkan smartphone ber-NFC seperti realme C67 di tempat yang sesuai, dan pairing akan dilakukan secara otomatis.

Sebagai catatan, fungsi NFC di sini hanya untuk mempercepat proses pemasangan Bluetooth. Setelah proses pairing selesai, smartphone akan berkomunikasi dengan perangkat yang terhubung melalui Bluetooth.

3. Cek saldo dan top-up kartu uang elektronik

3 Fungsi fitur NFC realme C67, bisa duplikasi kartu akses hingga top up uang elektronik foto: realme

Tidak dapat dimungkiri semenjak kehadiran kartu uang elektronik, pembayaran dengan nominal tertentu dapat dilakukan semudah melakukan tap kartu saja. Anak muda tidak perlu lagi membawa dompet yang tebal untuk membawa uang tunai. Tapi terkadang aktivitas top-up saldo kartu uang elektronik ini menjadi momok jika ternyata saldo tidak cukup saat akan melakukan transaksi.

Kehadiran fitur NFC pada realme C67 tetap dapat digunakan untuk mengisi saldo uang elektronik sehingga kini anak muda tidak lagi perlu ke minimarket maupun ATM saat ingin melakukan top-up. Pengguna kini dapat mengecek dan mengisi uang elektronik dengan mudah, di mana saja dan kapan saja.

(brl/red)