Samsung menjamin pembaruan Android dan One UI selama 7 tahun untuk Galaxy S24 Series, mungkinkah?

Samsung menjamin pembaruan Android dan One UI selama 7 tahun untuk Galaxy S24 Series, mungkinkah?

Techno.id - Samsung baru saja meluncurkan perangkat anyar kelas flagship Galaxy S24 Series yakni Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Saat peluncuran, Samsung mengonfirmasi bahwa ketiga varian perangkat tersebut akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak selama tujuh tahun setelah peluncuran sebagai bagian dari upaya kelestarian lingkungan.

Pembaruan tersebut akan mencakup versi baru Android dan One UI serta patch keamanan baru. Karena jajaran Galaxy S24 hadir dengan OneUI 6.1 berbasis Android 14, yang berarti perangkat ini akan menerima pembaruan hingga Android 21.

Namun, perlu ditunjukkan bahwa dukungan perangkat lunak yang lebih lama kemungkinan akan berarti bahwa versi Android dan One UI di masa mendatang tidak akan membawa terlalu banyak perubahan pada perangkat Samsung Galaxy. Jaminan 7 tahun pembaruan ini serupa dengan Google untuk perangkat seri Pixel 8.

Samsung menjamin pembaruan Android dan One UI selama 7 tahun untuk Galaxy S24 Series, mungkinkah? foto: samsung

Sebelumnya Samsung adalah salah satu dari sedikit pembuat ponsel yang menawarkan peningkatan OS selama 4 tahun dan pembaruan keamanan selama 5 tahun untuk smartphone seri S dan A. Namun, Google meningkatkan game dengan seri Pixel 8 pada tahun 2023 dan menyatakan akan mendukung perangkat barunya selama tujuh tahun.

Sekarang, Samsung menyamai komitmen Google dan mengatakan akan memberikan pembaruan jangka panjang dimulai dengan jajaran Galaxy S24, selama tujuh tahun.

Namun masalahnya dengan pembaruan selama tujuh tahun, apakah memungkinkan untuk perangkat keras dari smartphone tersebut. Sebagai contoh, Samsung Galaxy S8 yang diluncurkan pada 2017, tidak dapat menjalankan Android 14 karena prosesornya, Snapdragon 835 yang sangat canggih pada saat itu. Tapi saat ini prosesor tersebut sudah usang.

Samsung menjamin pembaruan Android dan One UI selama 7 tahun untuk Galaxy S24 Series, mungkinkah? foto: samsung

Tentu, Snapdragon 8 Gen 3 Galaxy S24 jauh lebih canggih daripada Snapdragon 835. Tapi mungkin 5 tahun dari sekarang, fitur AI on-phone akan membutuhkan sumber daya CPU yang signifikan dalam chip yang mungkin memprioritaskan NPU daripada peningkatan CPU atau GPU. Intinya, chip itu sendiri mungkin tidak cukup baik 7 tahun dari sekarang, termasuk untuk menjalankan versi Android 21 yang sangat dasar. Mungkinkah, prosesor keluaran 2024 masih akan berjalan dengan baik pada tahun 2031?

Masalah lainnya, meski Galaxy S24 memiliki paket baterai yang besar, dan Samsung menawarkan masa pakai baterai yang luar biasa, termasuk membangun alat manajemen baterai ke dalam sistem operasi, namun bagaimana untuk melawan usia baterai.

Sangat mungkin pengguna tidak akan mencapai tahun 2031 dengan baterai Galaxy S24 saat ini. Tergantung pada pemakaiannya, pengguna harus menggantinya setidaknya sekali. Jadi, jika pengguna ingin mempertahankan Galaxy S24 selama lebih dari 4 tahun, setidaknya harus melakukan penggantian baterai yang tentunya dibutuhkan biaya tambahan.

Samsung menjamin pembaruan Android dan One UI selama 7 tahun untuk Galaxy S24 Series, mungkinkah? foto: samsung

Di samping itu Galaxy S24 Ultra memiliki layar datar, yang berarti tidak ada tepi melengkung yang perlu dikhawatirkan saat terjatuh. Ini juga dilengkapi bingkai titanium, yang seharusnya sangat tahan lama. Kemudian masih dilindungi dengan Corning Gorilla baru yang lebih tahan gores dan jatuh dari sebelumnya.

Masih ada tambahan ketahanan air dan debu IP68 dan Ultra One tough untuk dipecahkan. Artinya secara durabilitas Galaxy S24 Series menawarkan masa pakai yang cukup tahan lama. Tapi bisakah bertahan selama 7 tahun? Ponsel yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir saja mungkin dapat bertahan selama 3 atau 4 tahun.

(brl/red)