Apple akhirnya menggeser Samsung sebagai produsen smartphone terbesar di dunia

Apple akhirnya menggeser Samsung sebagai produsen smartphone terbesar di dunia

Techno.id - Samsung dan Apple sama-sama memiliki reputasisebagaipembuat smartphone terbaik untuk fotografi. Namun Samsung telah berhasil mempertahankan pangsa pasar smartphone global yang lebih besar selama lebih dari satu dekade. Namun, mahkota tersebut direbut Apple yang kini menempati posisi teratas sebagai pembuat ponsel terbesar di dunia.

Seperti dikutip dari BBC berdasarkan data International Data Corporation (IDC), seperlima ponsel atau lebih dari 20% yang dikirimkan pada tahun 2023 adalah produk Apple atau hampir 235 juta unit. Diikuti Samsung di posisi kedua dengan pangsa pasar 19,4% atau sekitar 226,6 juta unit. Posisi berikutnya ditempati pabrikan China Xiaomi, Oppo, dan Transsion.

Direktur Riset IDC Nabila Popal mengatakan kepada BBC bahwa Apple adalah satu-satunya di tiga besar yang menunjukkan pertumbuhan positif meskipun menghadapi tantangan regulasi yang meningkat dan persaingan baru dari Huawei di China.

Apple akhirnya menggeser Samsung sebagai produsen smartphone terbesar di dunia foto: apple

IDC juga mengatakan pasar ponsel cerdas memasuki masa yang sangat menarik, dengan beberapa ponsel Android memecah pasar dan pelanggan semakin memprioritaskan ponsel yang dapat dilipat dan alat AI.

Kendati begitu iPhone menjadi seri smartphone terlaris tahun lalu, menggeser posisi Samsung. Artinya untuk pertama kalinya perusahaan terbesar Korea Selatan kehilangan posisi teratas sejak 2010.

Apple mendapat manfaat dari penawaran agresif yang telah mendorong peralihan ke perangkat premium. Pergeseran rantai harga ponsel cerdas sebagian didorong penawaran tukar tambah yang menarik dan pembiayaan tanpa bunga. Apple adalah satu-satunya pemain di tiga besar global yang mencatat pertumbuhan, sebesar 3,7%.

(brl/red)