4 Akibat jika kamu tidak menggunakan pengisi daya smartphone orisinal, bikin pendek usia baterai

4 Akibat jika kamu tidak menggunakan pengisi daya smartphone orisinal, bikin pendek usia baterai

Techno.id - Bagi pengguna smartphone, sangat disarankan untuk menggunakan pengisi daya bawaan atau yang direkomendasikan produsen perangkat. Alasannya, pengisi daya asli yang dirancang khususbagi perangkat kamu, untuk memastikan kinerja pengisian daya yang optimal.

Selain itu pengisi daya asli dirancang untuk memenuhi spesifikasi pabrikan, memberikan voltase, arus, dan algoritme pengisian daya yang sesuai dengan kimia dan kapasitas baterai. Sebaliknya, pengisi daya aftermarket yang murah, mungkin tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat kamu, yang menyebabkan potensi ketidakefisienan atau inkonsistensi pengisian daya.

Pengisi daya yang tidak asli juga dapat menghasilkan tegangan yang salah atau tidak stabil yang menyebabkan pengisian daya berlebihan atau pengisian daya yang kurang. Jika kondisi ini terus dilakukan dapat mengakibatkan degradasi yang dipercepat pada bahan elektroda dan elektrolit baterai.

4 Akibat jika kamu tidak menggunakan pengisi daya smartphone orisinal, bikin pendek usia baterai foto: techno.id/yani andriyansyah

Selain itu, tidak adanya algoritme pengisian daya yang tepat atau manajemen termal yang tidak memadai dapat menyebabkan pembangkitan panas yang berlebihan, meningkatkan risiko pelarian termal dan pembengkakan atau kerusakan baterai selanjutnya.

Dengan menggunakan pengisi daya asli, kamu memastikan pengisian daya baterai perangkat yang aman dan efisien, sehingga memperpanjang masa pakainya dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu karena penggantian baterai yang terlalu dini.

(brl/red)