11 Cara cepat mengatasi Instagram tidak dapat memuat kabar beranda

image

Techno.id - Media sosial saat ini menjadi tempat seseorang mudah terhubung dengan dunia luar. Bahkan dengan menggunakan media sosial, berkomunikasi bersama orang lain bisa cepat dilakukan tanpa batas ruang dan waktu. Salah satu aplikasi media sosial populer adalah Instagram.

Instagram yang saat ini tergabung dalam grup Meta menjadi platform untuk berbagi koleksi foto maupun video terbaik. Tidak hanya itu, Instagram juga digunakan sebagai wadah untuk menyampaikan informasi maupun aspirasi penggunanya terhadap suatu hal tertentu. Maka dari itu, ada banyak publik figur dan sebuah instansi menggunakan Instagram untuk berinteraksi langsung dengan pengikutnya.

Sebagai pengguna Instagram, tentu melakukan scrolling pada kabar beranda cukup menyenangkan. Namun pernahkah kamu mengalami kendala beranda tidak dapat memuat ulang? Tentu hal tersebut membingungkan bukan? Bahkan hal tersebut sering membuat kesal terlebih terdapat posting yang ingin segera diketahui.

Tidak dapat memuat ulang beranda Instagram bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti adanya bug yang belum muncul karena kesalahan developer, jaringan internet, hingga terdapat virus yang menyerang ke perangkat. Oleh karena itu, techno.id pada Jumat (6/5) menjabarkan 11 cara cepat mengatasi Instagram tidak dapat membuat kabar beranda. Yuk, simak caranya sampai habis.

1. Periksa jaringan internet.

Cara muat beranda IG  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Kadangkala masalah utama kabar beranda tidak dapat memuat ulang ada pada jaringan internet. Bisa jadi koneksi jaringan internet sedang buruk, tidak ada kuota data, bahkan server sedang down. Untuk itu pastikan jaringan internet tersedia dan stabil. Lalu coba untuk memulai ulang masuk ke akun Instagram yang dimiliki.

2. Hapus Cache Instagram.

Cache Instagram menumpuk disebabkan karena banyaknya hal yang diakses pada aplikasi. Cache bisa dikatakan sebagai file sampah yang masih ada pada aplikasi. Apabila file cache terlalu banyak, membuat pengoperasian aplikasi dan perangkat terganggu. Untuk itu menghapus cache dapat dilakukan secara berkala. Bahkan menghapus cache bisa mengatasi kabar beranda tidak dapat memuat ulang.

3. Paksa berhenti.

Cara muat beranda IG  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Keluar dari aplikasi hanya dengan menekan tombol back maupun home tidak mengeluarkan aplikasi secara sepenuhnya. Apabila jaringan telah stabil dan cache sudah dihapus, namun kabar beranda masih tidak memuat ulang silakan untuk paksa berhenti aplikasi. Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu masuk ke pengaturan aplikasi dan menekan opsi "Paksa berhenti".

4. Hapus data.

Menghapus data Instagram dapat dilakukan untuk mengatasi kabar beranda yang tidak dapat memuat ulang. Akan tetapi menghapus data Instagram dapat mengakibatkan akun keluar secara otomatis dan history terhapus. Oleh karena itu, pastikan bahwa pengguna mengingat kata sandi akun yang dimiliki. Perlu digarisbawahi, yang dilakukan adalah melakukan hapus data melalui pengaturan aplikasi. Bukan menghapus instalasi Instagram.

5. Tutup aplikasi lain.

Karena banyaknya aplikasi yang dibuka pada perangkat, mengakibatkan performa sebuah aplikasi menurun. Berbagai aplikasi yang dibuka tersebut juga mempengaruhi Instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda. Untuk itu, silakan tutup semua aplikasi terlebih dahulu. Tekan recent apps kemudian klik tanda silang untuk menutup seluruh aplikasi dengan sempurna.

6. Update aplikasi Instagram.

Cara muat beranda IG  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Melakukan update aplikasi Instagram juga bisa dilakukan untuk mengatasi kabar beranda tidak dapat memuat ulang. Karena dengan mengupdate aplikasi Instagram dapat menghilangkan bug atau masalah yang terjadi. Update aplikasi dapat dilakukan melalui toko aplikasi yang tersedia di perangkat masing-masing.

7. Instal ulang Instagram.

Cara muat beranda IG  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Apabila tidak ada update aplikasi yang tersedia, silakan lakukan instal ulang aplikasi. Caranya cukup uninstal aplikasi, kemudian instal kembali. Secara otomatis platform Instagram yang terinstal adalah versi baru dari developer.

8. Reboot perangkat.

Memuat ulang perangkat yang digunakan juga dapat mengatasi kabar beranda Instagram tidak dapat memuat ulang. Namun sayangnya memuat ulang perangkat tidak bisa diandalkan untuk mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi Reboot merupakan cara cepat untuk mengatasi masalah tersebut secara sementara.

9. Bersihkan cache perangkat.

File sampah yang harus dibersihkan tidak hanya pada aplikasi Instagram saja. Namun cache dari perangkat juga wajib dibersihkan secara berkala. Silakan buka aplikasi pembersih yang tersedia pada perangkat, kemudian lakukan pembersihan ruang secukupnya.

10. Login ke perangkat lain.

Cara muat beranda IG  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Cara alternatif yang bisa dilakukan adalah login menggunakan perangkat lain, atau kamu bisa membuka Instagram menggunakan web browser. Cara tersebut juga bisa memastikan bahwa akun Instagram masih dalam kondisi baik atau tidak. Jika cara tersebut bisa dilakukan, maka masalah ada pada perangkat yang digunakan.

11. Mematikan VPN.

Cara muat beranda IG  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Mematikan VPN bisa dilakukan agar jaringan kembali ke server semula. Bisa jadi dengan menyalakan VPN membuat jaringan terganggu dan mengakibatkan kabar beranda Instagram tidak bisa dimuat. Bahkan untuk lebih amannya, silakan untuk mencopot pemasangan VPN. Karena terdapat kemungkinan virus malware masuk via VPN yang digunakan.

(brl/tin)