7 Fitur baru untuk Direct Message Instagram, bisa bagikan klip musik

image

Techno.id - Berkat kecanggihan dari jaringan internet, berkirim saat ini semakin mudah dilakukan. Ada banyak aplikasi pada smartphone yang menyediakan layanan untuk saling mengirim pesan, atau sering disebut dengan chatting. Salah satu aplikasi yang memberikan layanan chatting adalah Instagram.

Instagram merupakan platform bentukan Meta yang pada dasarnya untuk saling berbagi foto, maupun video secara tak terbatas. Pada platform tersebut terdapat fitur untuk melakukan chatting yaitu Direct Message yang disingkat menjadi DM Instagram. Pada tahun 2022 DM Instagram menjadi fokus pengembangan oleh pihak developer.

Ada beberapa update yang telah dilakukan pengembang Instagram untuk fitur Direct Message nya. Untuk lebih lengkapnya, berikut techno.id sajikan 7 fitur baru untuk DM Instagram pada Kamis (21/4) yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

fitur baru dm IG  berbagai sumber

foto: techcrunch.com

1. Music sharing.

Fitur music sharing menjadi update yang cukup inovatif yang dilakukan. Fitur baru tersebut memungkinan untuk pengguna dapat membagian klip musik pada DM Instagram dengan durasi 30 detik. Bahkan Instagram memberikan integrasi dengan aplikasi lain seperti Apple Music, Amazon, dan Spotify.

2. Reply while browsing.

Fitur baru selanjutnya yang diberikan oleh Instagram adalah Reply while browsing. Secara singkat fitur ini memungkinkan pengguna untuk membalas sebuah DM yang masuk saat berada pada menu Feed secara langsung. Berbeda dengan versi sebelumnya yang mengharuskan pengguna untuk pindah ke menu DM agar dapat membalas pesan tersebut.

3. Quick sending.

Quick sending merupakan fitur baru dari Instagram yang memungkinkan pengguna untuk dapat berbagi feed secara cepat. Pemilik akun dapat membagikan sebuah feed kepada 4 temannya hanya mengetuk dan tahan beberapa saat pada ikon share.

4. Status.

Serupa dengan platform Messenger dari Facebook, pada DM Instagram akan memunculkan status keaktifan pengguna lainnya. Sehingga user dapat dengan mudah mengetahui status online atau offline teman DM-an nya.

5. Silent messages.

Fitur baru ini cukup memberikan kenyamanan para pengguna Instagram. Silent messages memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan dengan senyap. Sehingga akun IG yang dikirim pesan tidak merasa terganggu dengan pesan DM masuk. Fitur ini sangat berguna saat penerima diketahui sedang sibuk. Caranya cukup mengetikan "@silent" pada pesan.

fitur baru dm IG  berbagai sumber

foto: techcrunch.com

6. Lo-fi theme.

Instagram memberikan fitur Lo-fi theme untuk memberikan kesan lebih personal ke penggunaannya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengganti tema seperti gambar pemandangan, hewan yang lucu, dan lainnya.

7. Polls.

Fitur Polls merupakan pengembangan untuk DM Instagram agar pengguna dapat menggunakan stiker Poll untuk melakukan pemungutan suara pada pesan grup. Sehingga fitur ini memberikan kesan lebih efektif dan efisien.

Update terbaru dari DM Instagram dilakukan setelah pihak developer menonaktifkan aplikasi Messaging Thread pada akhir 2021 lalu. Untuk saat ini, fitur terbaru dari DM Instagram hanya dapat digunakan pada Instagram terbaru, dan berlaku di beberapa negara saja, Namun Instagram berjanji akan merilis fitur ini secara global dalam waktu dekat.

(brl/guf)