7 Fakta dan fitur aplikasi Truth Social, akan rilis pada akhir Mei

image

Techno.id - Media sosial saat ini menjadi wadah bagi para pengguna internet di seluruh dunia untuk mengekspresikan karyanya, memberikan informasi, dan sarana hiburan setiap harinya. Dengan platform media sosial, seseorang dapat terhubung dengan dunia luar secara cepat dan mudah. Bahkan media sosial menjadi ladang yang subur baik bagi pengguna maupun pihak developer tersendiri.

Setelah Elon Musk membeli Twitter, kini Donald Trump mengumumkan kehadiran aplikasi Truth Social. Aplikasi buatan perusahaan yang dinaungi Trump tersebut digadang-gadang akan bersaing dengan platform lain seperti Twitter, Facebook, dan yang lainnya. Direncanakan platform tersebut rilis pada akhir Mei nanti untuk versi PWA atau web browsernya. Setelah itu, akan disusul kehadiran aplikasi tersebut pada platform berbasis Android.

Cukup menarik bukan aplikasi besutan perusahaan eks Presiden Amerika tersebut? Apakah kamu berminat untuk join di platform Truth? Sebelum itu terjadi, yuk simak fakta-fakta dari aplikasi Truth Social yang telah dirangkum techno.id dari berbagai sumber pada Kamis (5/5).

1. Hadir untuk smartphone.

Fakta Truth Social  berbagai sumber

foto: apps.apple.com/us

Truth Social akan dibuat untuk para pengguna smartphone di seluruh dunia. Pihak developer sedang menunggu persetujuan dari pihak Android untuk mengeluarkan aplikasi ini ke platform mereka. Sebelumnya Truth Social telah tersedia pada pengguna iOS di negara Amerika.

2. Telah banyak diunduh oleh pengguna smartphone.

Aplikasi ini sudah dapat diunduh pada App Store, namun masih terbatas di negara Amerika. Di Negeri Paman Sam, Truth Social menjadi aplikasi paling banyak diunduh nomor 2 pada layanan App Store. Bahkan aplikasi tersebut dapat dinikmati pengguna secara gratis.

3. Dilatarbelakangi pemblokiran akun Trump.

Sebagaimana diketahui akun milik Donald Trump telah terblokir di berbagai aplikasi, seperti Twitter, Facebook, dan YouTube. Alasan dilakukannya pemblokiran akun Trump akibat kasus kerusuhan Capitol pada 6 Januari lalu. Petinggi dari Trump Media & Technology Group (TMTG) dituduh menjadi dalang aksi tersebut. Suspend yang dilakukan berbagai platform tersebut menjadi cikal bakal Trump mendirikan aplikasi Truth Social tersebut.

4. Dijadikan pilihan media sosial Trump.

Fakta Truth Social  berbagai sumber

foto: apps.apple.com/us

Setelah aplikasi Truth Social rilis, Donald Trump menggunakannya untuk berinteraksi dengan simpatisannya. Trump mengunggah postingan pertamanya pada platform Truth Social pada Kamis (28/4), setelah lama absen di berbagai media sosial.

5. Bekerja sama dengan DWAC.

Perusahaan TMTG yang merupakan developer Truth Social berencana untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan Digital World Acquisition Corp atau DWAC. Perusahaan tersebut bergerak pada bidang cek kosong digital.

6. Tersedia dalam bentuk web browser.

Pada akhir Mei nanti Truth Social akan hadir dalam bentuk web browser. Artinya seluruh pengguna internet dapat mengakses platform ini melalui peramban yang digunakan.

7. Interface sederhana.

Truth Social mempunyai sistem antarmuka sederhana. Platform tersebut dikatakan mirip dengan Twitter maupun media sosial lainnya. Dengan begitu pengguna tidak terlalu kebingungan saat menggunakan platform tersebut.

Berkaitan dengan fitur apa saja yang akan hadir pada Truth Social, secara basic platform tersebut mirip dengan Twitter pada umumnya. Dilansir dari The Verge, postingan yang diunggah pengguna diberi nama dengan Truth Feed. Kemudian terdapat ReTruth apabila seseorang ingin berbagai Truth ke pengguna lainnya. Terdapat fitur direct message yang ada pada Truth Social.

(brl/tin)