10 Tips hemat baterai smartphone Android yang perlu kamu ketahui

10 Tips hemat baterai smartphone Android yang perlu kamu ketahui

Techno.id - Di antara banyak metode untuk memperpanjang masa pakai baterai smartphone, beberapa penyesuaian tertentu lebih berdampak. Misalnya menurunkan resolusi layar dan memilih wallpaper statis adalah perubahan langsung yang dapat menghemat daya baterai secara signifikan.

Penyesuaian ini, meskipun tampak sederhana, dapat membantu perangkat mempertahankan periode pengoperasian yang lebih lama di antara pengisian daya. Menyesuaikan kecerahan layar dapat secara dramatis mengurangi pengurasan baterai. Layar sering kali menjadi konsumen terbesar masa pakai baterai, dan dengan mengelola tingkat kecerahan, pengguna dapat merasakan pengalaman ponsel cerdas yang lebih tahan lama.

Untuk memaksimalkan masa pakai baterai smartphone, menyempurnakan pengaturan khusus sangat penting. Dengan penyesuaian yang ditargetkan, pengguna dapat menikmati penggunaan perangkat dalam waktu lama tanpa sering mengisi daya.

1. Sesuaikan kecerahan layar dan batas waktu

10 Tips hemat baterai smartphone Android yang perlu kamu ketahui foto: samsung

Untuk kecerahan, pengguna dapat mengurangi kecerahan layar agar menghemat energi. Dengan menggeser ke bawah dari atas untuk mengakses panel notifikasi dan menyeret penggeser kecerahan ke kiri, tampilan menghabiskan lebih sedikit daya.

Sementara untuk batas waktu layar, pengguna bisa memperpendek pengaturan batas waktu layar yang juga berkontribusi pada penghematan baterai. Dianjurkan untuk menavigasi ke Pengaturan > Tampilan dan menyesuaikan batas waktu ke pengaturan nyaman terendah, seringkali antara 15 hingga 30 detik.

2. Kelola opsi konektivitas

10 Tips hemat baterai smartphone Android yang perlu kamu ketahui foto: freepik/greatkim

Pengaturan Wi-Fi, Bluetooth, jaringan 4G atau 5G, dan data seluler bisa membantu menghemat daya baterai. Menonaktifkan opsi konektivitas seperti Wi-Fi dan Bluetooth saat tidak digunakan dapat memperpanjang masa pakai baterai secara signifikan.

Pengguna juga harus mematikan layanan 4G atau 5G dan data selular jika terhubung ke jaringan Wi-Fi yang andal. Pengguna dapat mengelola pengaturan ini dengan mengakses Pengaturan > Koneksi. Sementara di area dengan penerimaan yang buruk, beralih ke Mode Pesawat mencegah perangkat mencari sinyal sehingga bisa menghemat baterai.

3. Kontrol data latar belakang dan pengaturan sinkronisasi

10 Tips hemat baterai smartphone Android yang perlu kamu ketahui foto: freepik/grinvalds

Pengguna harus memeriksa akun mereka dan mengontrol data latar belakang dengan mematikan sinkronisasi otomatis untuk aplikasi yang tidak dibutuhkancaranya dengan masuk ke Pengaturan > Akun dan cadangan > Kelola akun.

Selain itu pengguna juga harus selalu memantau penggunaan baterai secara teratur dengan cara masuk ke Pengaturan > Perawatan baterai dan perangkat > Baterai dapat menunjukkan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan energi. Cara ini memungkinkan pengguna membuat keputusan berdasarkan informasi tentang pembatasan aktivitas di latar belakang.

4. Gunakan mode hemat daya

10 Tips hemat baterai smartphone Android yang perlu kamu ketahui foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Smartphone saat ini menawarkan beberapa fitur hemat daya untuk memperpanjang masa pakai baterai, termasuk mode hemat daya bawaan dan strategi yang memanfaatkan layar AMOLED-nya. Fungsionalitas ini sangat penting bagi pengguna yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerja ponsel sepanjang hari.

Saat diaktifkan, Mode Hemat Daya secara strategis membatasi penggunaan data latar belakang, mengurangi kecerahan layar, dan juga dapat membatasi kinerja CPU untuk menghemat energi.

5. Memanfaatkan mode gelap dan tampilan AMOLED

10 Tips hemat baterai smartphone Android yang perlu kamu ketahui foto: freepik

Mode Gelap menawarkan manfaat ganda untuk perangkat dengan layar AMOLED. Ini tidak hanya mengurangi ketegangan pada mata di lingkungan dengan cahaya redup, tetapi juga menghemat masa pakai baterai. Pada layar AMOLED, piksel hitam asli dimatikan sepenuhnya, yang berarti lebih sedikit daya yang diperlukan untuk menerangi layar.

(brl/red)