6 Cara untuk membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama

6 Cara untuk membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama

Techno.id - Setiap kali pembaruan iOS baru dirilis, banyak pengguna mengalami penurunan masa pakai baterai yang cepat. iOS 17 terbaru juga tidak kebal terhadap masalah ini. Dalam situasi di mana masa pakai baterai yang lebih lama, seperti saat bepergian, karena itu penting untuk mengetahui cara mengoptimalkan pengaturan iPhone.

Menemukan keseimbangan yang tepat antara mematikan dan menghidupkan fitur tertentu adalah kunci untuk memastikan baterai lebih tahan lama. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone.

1. Nonaktifkan umpan balik sentuhan keyboard

6 Cara untuk membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: tangkapan layar/taechno.id/yani andriyansyah

Mematikan umpan balik haptic untuk keyboard dapat menghemat masa pakai baterai. Artinya kamu harus menghilangkan kebutuhan perangkat untuk memberikan getaran atau umpan balik haptic saat mengetik.

Umpan balik haptic saat menggunakan keyboard di layar merupakan fitur baru yang ada sejak pembaruan iOS 16. Namun, fitur ini menghabiskan banyak daya baterai. Apple telah memberikan dokumen dukungan yang menunjukkan bahwa sentuhan keyboard dapat berdampak pada masa pakai baterai. Penting untuk diperhatikan bahwa fitur ini tidak diaktifkan secara default.

Jika kamu telah menyalakannya dan ingin menonaktifkannya, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti. Pertama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat. Kemudian, klik opsi Suara & Haptik. Setelah itu, klik Umpan Balik Keyboard. Terakhir, kamu dapat menonaktifkan opsi umpan balik Haptic untuk menghemat masa pakai baterai.

2. Matikan aktivitas langsung

6 Cara untuk membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: tangkapan layar/taechno.id/yani andriyansyah

Menonaktifkan aktivitas langsung, seperti wallpaper hidup dan konten dinamis lainnya, dapat mengurangi beban baterai. Fitur ini memungkinkan aplikasi menerima pemberitahuan yang terus menerus dan diperbarui di layar kunci atau Dynamic Island. Jika kamu khawatir tentang masa pakai baterai, kamu dapat menonaktifkan fitur ini.

Untuk menonaktifkan Aktivitas Langsung, buka aplikasi Pengaturan di iPhone. Kemudian, navigasikan ke bagian ID Wajah & Kode Sandi dan masukkan kode sandi kamu untuk membuka kunci perangkat. Setelah selesai melakukannya, gulir ke bawah hingga kamu melihat opsi untuk Aktivitas Langsung dan matikan.

Jika ingin menonaktifkan Aktivitas Langsung untuk aplikasi tertentu, kamu dapat melakukannya dengan membuka pengaturan untuk setiap aplikasi dan mematikan fitur satu per satu.

3. Hapus widget layar kunci

6 Cara untuk membuat baterai iPhone kamu bertahan lebih lama foto: techno.id/yani andriyansyah

Menghapus widget dari layar kunci dapat membantu menghemat masa pakai baterai dengan mengurangi jumlah proses yang berjalan di latar belakang. Widget adalah fitur berguna di perangkat iOS yang memungkinkan pengguna mengakses informasi dan melakukan tugas dengan cepat tanpa harus membuka aplikasi.

Widget ini dapat ditambahkan ke layar kunci dan layar beranda untuk memudahkan akses. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa widget dapat menghabiskan daya baterai. Apalagi jika mereka terus diperbarui di latar belakang.

(brl/red)