9 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tahan lebih lama

9 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tahan lebih lama

Techno.id - Saat ini hampir semua perangkat smartrphone tampil semakin besar, layar menjadi lebih tajam, dan semakin tipis. Namun dari perkembangan fitur, perangkat lunak maupun perangkat keras, satu hal yang sampai saat ini masih tertinggal adalah masa pakai baterai kurang mumpuni.

Perkembangan teknologi smartphone yang begitu pesat seperti peralihan dari CPU dual core ke CPU deca-core, dari kamera 2MP ke kamera 50 MP atau bahkan lebih, resolusi HD ke resolusi 4K, namun kapasitas baterainya masih berkisar rata-rata 4000 hingga 5000mAh.

Jika kamu adalah pengguna berat smartphone, mendapatkan waktu layar ponsel benar-benar selama 3 hingga 4 jam, itu sudah merupakan kemampuan yang sangat besar. Namun faktanya tidak demikian.

Tetapi kamu masih bisa menyiasatinya dengan menggunakan beberapa tips dan trik untuk meningkatkan masa pakai baterai di perangkat Android. Berikut 10 tips untuk membuat baterai ponsel bertahan lebih lama.

1. Redupkan kecerahan layar

9 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tahan lebih lama foto: freepik/dragana_gordic

Saat kamu memeriksa statistik baterai di perangkat, hal pertama yang muncul adalah layar. Karena itu sebaiknya kamu meredupkan kecerahan layar untuk membantu masa pakai baterai lebih lama.

2. Kurangi waktu penguncian otomatis

9 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tahan lebih lama foto: freepik/rawpixel.com

Karena layar adalah musuh terbesar baterai, mengurangi waktu penguncian otomatis bisa menjadi salah satu solusi menambah daya tahan baterai. Buka Pengaturan > Tampilan dan ubah durasi Tidur sesingkat mungkin. Disarankan menggunakan waktu 15 detik.

3. Fitur konektivitas

9 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tahan lebih lama foto: freepik

Dengan pengaturan yang benar pada fitur konektivitas, kamu benar-benar dapat memperoleh banyak masa pakai baterai. Wifi, Bluetooth, GPS, dan data selular adalah salah satu alasan utama mengapa masa pakai baterai tidak sesuai dengan harapan. Banyak orang membiarkannya menyala sepanjang hari. Mematikannya saat tidak diperlukan sangat meningkatkan masa pakai baterai.

Kamu juga dapat menggunakan mode Pesawat untuk melumpuhkan semuanya dalam satu klik. Mode pesawat tidak hanya untuk saat kamu mengudara. Misalnya, saat kamu bepergian, koneksi jaringan selular tidak selalu stabil dan ponsel akan terus berusaha untuk mendapatkan koneksi terbaik.

Dalam prosesnya, kamu akan kehilangan banyak daya baterai. Jika kamu tidak benar-benar membutuhkannya, sebaiknya mengaktifkan Mode Pesawat untuk menghemat baterai.

4. Nonaktifkan getaran

9 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tahan lebih lama foto: freepik/katemangostar

Mode getaran sangat diperlukan bagi banyak orang di tempat kerja mereka. Misalnya, kamu tidak dapat mengaktifkan nada dering favorit berbunyi keras saat sedang rapat. Dalam kasus seperti itu, mode getaran adalah pilihan utama.

Getaran dibuat di ponsel oleh motor yang sebenarnya tidak ramah baterai. Karena itu jika kamu tidak membutuhkannya, sebaiknya mempertimbangkan untuk mematikannya. Hal yang sama berlaku untuk umpan balik haptic juga.

5. Pilih Wifi daripada data selular

9 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tahan lebih lama foto: freepik/weerachon

Ini adalah hal yang kecil tetapi penghematan baterainya sangat besar. Wifi menggunakan baterai yang jauh lebih sedikit dibanding data selular. Karena itu pertimbangkan untuk menggunakan Wifi daripada data selular jika memungkinkan.

(brl/red)