10 Fitur tersembunyi Samsung Galaxy yang perlu kamu ketahui

10 Fitur tersembunyi Samsung Galaxy yang perlu kamu ketahui

Techno.id - Siapa sih yang nggak kenal dengan ponsel keluaran Samsung. Ponsel ini dikenal dengan layarnya yang memukau, serta kamera dan baterai yang punya daya tahan mumpuni.

Namun banyak pengguna yang sering mengabaikan kemampuan perangkat lunaknya. Padahal, perangkat Samsung yang menjalankan sistem operasi Android juga memiliki banyak fitur dan aplikasi yang penyesuaiannya terintegrasi ke sistem operasi Google.

Apapun varian perangkat yang kamu miliki, Samsung memiliki beberapa perangkat lunak dan fitur tersembunyi yang perlu kamu ketahui. Berikut 10 fitur tersembunyi dari perangkat Samsung Galaxy.

1. Bisa memuat lebih banyak aplikasi di layar beranda

10 Fitur tersembunyi Samsung Galaxy yang perlu kamu ketahui foto: samsung

Salah satu daya tarik Android adalah kemampuannya untuk menyesuaikan layar beranda secara ekstensif. Salah satu cara untuk melakukannya di ponsel Samsung adalah dengan mengubah jumlah aplikasi yang dapat ditampilkan. Jadi, jika kamu ingin lebih banyak aplikasi dengan ikon yang lebih kecil atau lebih sedikit dengan ikon yang lebih besar, kamu dapat melakukannya.

1. Tekan lama pada layar beranda.

2. Pilih 'Pengaturan'.

3. Setelah itu, kamu dapat mengubah ukuran kisi layar beranda di antara beberapa opsi yang berbeda, sehingga memungkinkan lebih banyak aplikasi yang ditampilkan daripada yang ditetapkan secara default oleh ponsel. Kamu juga dapat melakukan hal yang sama untuk laci aplikasi dan folder.

2. Mengkloning aplikasi perpesanan

10 Fitur tersembunyi Samsung Galaxy yang perlu kamu ketahui foto: samsung

Beberapa aplikasi perpesanan, seperti WhatsApp dan Skype hanya mengizinkan kamu untuk masuk ke satu akun dalam satu waktu. Tetapi tidak jarang penggun yang memiliki banyak akun, misalnya akun kantor dan akun pribadi.

Jika memiliki ponsel Samsung Galaxy, maka kamu tidak perlu terus-menerus keluar untuk beralih di antara aplikasi perpesanan atau membawa banyak ponsel. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan Dual Messenger untuk membuat beberapa aplikasi perpesanan di ponsel kamu.

1. Buka Pengaturan.

2. Pilih Fitur lanjutan.

3. Pilih Dual Messenger.

4. Kemudian, jika kamu memiliki aplikasi yang didukung di ponsel, aplikasi tersebut akan muncul sebagai opsi untuk diduplikasi.

5. Geser salah satu aplikasi yang kamu inginkan untuk dibuat dua salinannya, dan versi dari aplikasi tersebut akan terinstal, yang dapat kamu masuki dengan akun yang berbeda.

3. Foto dalam format RAW

10 Fitur tersembunyi Samsung Galaxy yang perlu kamu ketahui foto: samsung

Jika sering memotret dengan smartphone, kamu mungkin ingin memotret dalam format RAW. Format ini menangkap informasi yang paling memungkinkan untuk ukuran file besar. Format ini juga menjadi pilihan terbaik jika kamu ingin melakukan pengeditan foto yang serius.

Rata-rata pengguna tidak membutuhkan format ini, jadi ponsel Samsung secara default menyimpan gambar dalam format JPEG. Tetapi kamu dapat mengaktifkan file RAW. Begini caranya.

1. Buka aplikasi kamera, lalu ketuk roda gigi pengaturan, dan pilih 'Opsi gambar lanjutan'.

2. Pada tata letak dan opsi yang kamu cari akan sedikit berbeda tergantung pada ponsel dan versi perangkat lunak yang digunakan. Tetapi kamu bisa mengubah format gambar mode Pro menjadi hanya RAW, atau RAW dan JPEG. Dengan memilih file RAW akan memungkinkan kamu lebih punya banyak potensi pengeditan.

4. Usap untuk mengambil tangkapan layar

10 Fitur tersembunyi Samsung Galaxy yang perlu kamu ketahui foto: samsung

Biasanya untuk mengambil tangkapan layar, yang dilakukan adalah menekan kombinasi tombol volume turun dengan tombol untuk mengaktifkan layar secara bersamaan. Namun terkadang cara tersebut bisa menyebabkan kamu hanya mematikan layar atau mengubah volume. Tetapi dengan ponsel Samsung Galaxy ada cara yang lebih sederhana.

1. Buka Pengaturan.

2. Pilih fitur lanjutan.

3. Pilih Gerakan dan gestur.

4. Hidupkan sakelar 'Gesek telapak tangan untuk menangkap'.

5. Kemudian, untuk mengambil tangkapan layar, yang harus kamu lakukan adalah mengusapkan ujung tangan pada layar. Tidak masalah dari sisi mana kamu mengusap layar, sehingga mudah diingat.

5. Mengaktifkan lebih banyak fungsi tombol samping

10 Fitur tersembunyi Samsung Galaxy yang perlu kamu ketahui foto: samsung

Tombol samping pada ponsel Samsung sebenarnya tidak hanya untuk meluncurkan Bixby atau mematikan perangkat. Kamu juga dapat mengatur fungsi yang diaktifkan dengan menekan dua kali.

1. Untuk mengaturnya, buka Pengaturan.

2. Pilih fitur lanjutan.

3. Pilih Tombol samping, lalu aktifkan tombol 'Tekan dua kali'.

4. Setelah diaktifkan, kamu akan melihat beberapa opsi yang berbeda. Kamu dapat mengaturnya untuk meluncurkan kamera, membuka Samsung Wallet, atau membuka aplikasi pilihan. Jadi, kamu bisa mengubah tombol samping menjadi pintasan untuk apa saja.

(brl/red)