Samsung resmi menyematkan aplikasi pengeditan gambar Galaxy Enhance-X untuk ponsel lebih lawas

Samsung resmi menyematkan aplikasi pengeditan gambar Galaxy Enhance-X untuk ponsel lebih lawas

Techno.id - Beberapa waktu lalu Samsung mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan aplikasi pengeditan gambar Galaxy Enhance-X ke ponsel Galaxy flagship yang lebih lawas. Sekarang, perusahaan asal Korea Selatan itu telah merilis aplikasi tersebut ke empat ponsel Galaxy, termasuk Galaxy Z Fold 4. Ini adalah ponsel lipat pertama dari Samsung yang mendapatkan akses ke aplikasi pengeditan gambar tingkat lanjut.

Galaxy Enhance-X pertama kali dirilis untuk seri Galaxy S22. Namun, bukan rilis global, dan aplikasinya tidak kompatibel dengan Android 13. Kemudian, aplikasi ini dirilis untuk seri Galaxy S23.

Sekarang, aplikasi ini tersedia lebih luas untuk Galaxy S22, Galaxy S22+, Galaxy S22 Ultra, Galaxy S23, Galaxy S23+, Galaxy S23 Ultra, dan Galaxy Z Fold 4. Aplikasi ini berukuran 85MB dan dapat diunduh melalui Galaxy Store.

Samsung resmi menyematkan aplikasi pengeditan gambar Galaxy Enhance-X untuk ponsel lebih lawas foto: galaxystore.samsung.com

Galaxy Enhance-X adalah aplikasi bertenaga AI yang dapat membantu pengguna membuat ulang foto hanya dengan beberapa ketukan pada layar. Aplikasi ini sangat mudah diakses dan tidak memerlukan pengetahuan pengeditan foto yang luas untuk digunakan secara maksimal.

Aplikasi ini menawarkan tombol Magic yang secara otomatis memperbaiki kesalahan pada gambar seperti blur, kehilangan detail, dan noise. Hal ini mirip dengan opsi Photo Remastering yang tersedia di aplikasi Galeri stok pada ponsel dan tablet Galaxy. Terdapat opsi edisi gambar lainnya, termasuk Brighten, Face, Fix Blur, Fix Lens Distortion, Fix Moire, HDR, Portrait, Remove Reflection, Remove Shadows, dan Sharpen.

Pengguna dapat membatalkan atau mengulang tindakan pengeditan dalam aplikasi ini dan mengekspor gambar ke Galeri atau aplikasi lain yang diinstal pada ponsel. Samsung mungkin akan merilis aplikasi ini ke lebih banyak ponsel dan tablet Galaxy di masa mendatang.

Lantas perangkat Galaxy mana saja yang dapat menggunakan aplikasi Enhance-X yang baru? Aplikasi Galaxy Enhance-X sekarang tersedia untuk lebih banyak ponsel selain seri Galaxy S23 dan pada akhirnya akan menjangkau lebih banyak lagi perangkat Samsung.

Berikut daftar ponsel Samsung mendaptkan aplikasi Galaxy Enhance-X

Samsung resmi menyematkan aplikasi pengeditan gambar Galaxy Enhance-X untuk ponsel lebih lawas foto: galaxystore.samsung.com

1. Seri Galaxy S23

2. Seri Galaxy S22

3. Seri Galaxy S21

4. Seri Galaxy S20

5. Seri Galaxy Note 20

6. Galaxy Z Flip dan Z Flip 5G

7. Galaxy Z Flip 3

8. Galaxy Z Flip 4

9. Galaxy Z Fold 2

10. Galaxy Z Fold 3

11. Galaxy Z Fold 40

Selain ponsel flagship, kabarnya Samsung juga berniat membuat aplikasi Enhance-X yang didukung AI tersedia untuk Galaxy seri A, termasuk untuk Galaxy seri M dan tablet Galaxy. Sayangnya tidak ada informasi konkret mengenai model Galaxy A, Galaxy M, dan Galaxy Tab mana yang akan menerima Enhance-X.

(brl/red)