10 Cara untuk mendapatkan daya tahan baterai smartphone yang lebih lama

10 Cara untuk mendapatkan daya tahan baterai smartphone yang lebih lama

Techno.id - Hampir semua orang menghabiskan waktu mereka di depan smartphone. Baik itu untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan, berselancar di dunia maya dan media sosial, atau untuk menikmati hiburan seperti bermain game dan menonton film.

Jadi sangat wajar jika banyak pengguna yang menginginkan smartphone mereka memiliki daya tahan baterai yang prima untuk aktivitas seharian tanpa sering mengisi ulang daya. Kondisi baterai yang lemah seringkali bikin frustrasi.

Apalagi saat sedang butuh-butuhnya menggunakan smartphone, baterai malah drop. Ditambah lagi kamu gak bawa power bank atau jauh dari sumber listrik.

Namun kamu bisa mengatasi masalah daya tahan baterai dengan beberapa trik pengaturan smartphone yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai naik pada iPhone atau smartphone Android.

1. Selalu perbarui sistem operasi

10 Cara untuk mendapatkan daya tahan baterai smartphone yang lebih lama foto: freepik/rawpixel.com

Selalu instal pembaruan sistem operasi smartphone. Selain perbaikan keamanan dan perbaikan bug, pembaruan dapat mencakup cara-cara baru untuk meningkatkan manajemen daya dan kinerja baterai. Secara umum, yang terbaik adalah mengatur pembaruan otomatis pada smartphone.

Berikut cara emeriksa pembaruan otomatis untuk smartphone Android (mungkin berbeda menurut model). Buka Pengaturan > Pembaruan sistem > Unduh dan pasang

Untuk iPhone, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis. Pastikan tombol untuk Unduh Pembaruan iOS dan Instal Pembaruan iOS dalam keadaan aktif dan berwarna hijau.

2. Menonaktifkan notifikasi push

10 Cara untuk mendapatkan daya tahan baterai smartphone yang lebih lama foto: freepik/rawpixel.com

Ketika kamu mengatur smartphone untuk mengirimkan notifikasi push, baik untuk berita terbaru, email baru, dan lain sebagainya, maka smartphone harus terhubung ke internet secara teratur dan memeriksa server perusahaan untuk pembaruan. Hal ini akan menghabiskan daya baterai setiap saat.

Meskipun kamu memutuskan untuk tetap menerima notifikasi push tertentu, misalnya untuk email, kamu masih bisa menonaktifkannya untuk aplikasi yang tidak terlalu penting.

Berikut ini cara menonaktifkan notifikasi push untuk Android (mungkin berbeda menurut model). Buka Pengaturan > Pemberitahuan. Sementara untuk iPhone, buka Pengaturan > Pemberitahuan.

3. Selektif dengan layanan lokasi

10 Cara untuk mendapatkan daya tahan baterai smartphone yang lebih lama foto: freepik/dr.digitex

Layanan lokasi adalah fitur yang menghabiskan daya baterai karena ponsel kamu menggunakan GPS dan berkomunikasi dengan komputer eksternal. Kamu bisa mematikan layanan lokasi untuk beberapa aplikasi. Bisa juga dengan mengatur layanan lokasi hanya untuk aplikasi tertentu saja, sehingga aplikasi tersebut melacak lokasi hanya ketika kamu menggunakannya, tidak setiap saat.

Cara menyesuaikan pengaturan layanan lokasi untuk smartphone Android (mungkin berbeda menurut model), buka Pengaturan > Lokasi. Kamu dapat mengaktifkan semua pelacakan lokasi dari sini atau mengetuk Izin aplikasi untuk menyesuaikan masing-masing aplikasi.

Sementara untuk iPhone, buka Pengaturan > Privasi & Keamanan > Layanan Lokasi. Kamu dapat menonaktifkan layanan lokasi sepenuhnya di sini dengan menonaktifkan layanan atau mengetuk setiap aplikasi untuk menyesuaikan pengaturan izin individual.

4. Hindari suhu ekstrem

10 Cara untuk mendapatkan daya tahan baterai smartphone yang lebih lama foto: freepik

Jika suhu terlalu dingin atau mencapai di atas 40 derajat Celcius, dapat memperpendek masa pakai baterai smartphone. Dalam jangka panjang, suhu ekstrem juga dapat memperpendek masa pakainya. Jadi, jangan biarkan smartphone terpapar suhu ekstrem. Simpanlah di tempat yang teduh pada musim panas dan di saku yang hangat pada musim dingin.

5. Periksa aktivitas latar belakang aplikasi

10 Cara untuk mendapatkan daya tahan baterai smartphone yang lebih lama foto: freepik

Jumlah daya yang digunakan setiap aplikasi akan bervariasi, tetapi game sering kali menjadi penyebab terbesar. Kamu dapat memeriksa pengaturan baterai smartphone untuk melihat berapa banyak dari total konsumsi daya yang digunakan setiap aplikasi.

Jika ada aplikasi yang menghabiskan banyak baterai yang tidak diperlukan, kamu dapat menghapusnya. Kamu juga bisa melihat aktivitas latar belakang setiap aplikasi untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut menggunakan baterai saat tidak sedang menggunakan smartphone secara aktif. Sebagai contoh, jika kamu mengaktifkan 'penyegaran aplikasi latar belakang' untuk aplikasi media sosial, aplikasi tersebut akan secara otomatis mengambil informasi untuk memperbarui feed meskipun kamu tidak sedang melihat aplikasi tersebut.

Untuk meningkatkan daya tahan baterai, kamu dapat menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang ini. Menonaktifkan penyegaran aplikasi otomatis atau setidaknya membatasinya saat terhubung ke Wi-Fi juga akan mengurangi penggunaan data selular kamu.

Cara memeriksa penggunaan baterai dan penyegaran latar belakang oleh aplikasi untuk smartphone Android (mungkin berbeda tergantung model), buka Pengaturan > Jaringan & internet > Penghemat data dan aktifkan Gunakan penghemat data. Untuk menyesuaikan berdasarkan aplikasi, buka Pengaturan > Jaringan & Internet > Jaringan selular > Penggunaan data aplikasi dan pilih aplikasi mana pun yang ingin Anda ubah pengaturannya.

Sedangkan untuk iPhone, buka Pengaturan > Baterai untuk memeriksa penggunaan baterai aplikasi iPhone. Jika kamu ingin mematikan penyegaran aplikasi latar belakang, buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang dan pilih Nonaktif.

(brl/red)