CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 1 April 2015 07:50

Wah, ada CPU mini seharga satu jutaan dari Google!

Stik mungil ini mampu mengubah monitor menjadi PC.

Wah, ada CPU mini seharga satu jutaan dari Google!

Techno.id - Google kembali melanjutkan inovasinya. Kali ini, mereka merilis Chromebit, sebuah dongle yang dapat mengonversi monitor atau televisi yang kompatibel menjadi komputer. Walaupun fungsi utamanya adalah memudahkan user untuk menjelajahi dunia maya dengan hardware yang sangat terbatas, Chromebit juga cocok untuk beragam keperluan, mulai dari menampilkan grafis digital di tempat umum sampai aksesoris bepergian.

Meski bentuknya super imut, kemampuan device yang satu ini tak bisa Anda remehkan. Chromebit, yang kemungkinan besar bisa ditebus seharga Rp1 jutaan, dibekali dengan RAM 2GB, prosesor Rockchip 3288, dan media penyimpanan sebesar 16GB. Untuk masalah konektivitas, Chromebit memiliki HDMI, USB port, serta Bluetooth dan WiFi.

Di seri perdana Chromebit ini, Google mendapatkan dukungan dari ASUS. Google pun tampak puas dengan kinerja vendor asal Taiwan itu.

"Kali ini, ASUS benar-benar menunjukkan keajaiban dalam teknologi, dengan menggabungkan semuanya menjadi seukuran [Chromebit] ini," kata Caesar Sengupta, salah seorang petinggi Google, seperti dikutip dari Mashable (31/3/15).

Peranti yang berisi Chrome OS ini ditargetkan untuk beredar mulai pertengahan tahun 2015. Di pasaran, mereka akan bertarung dengan varian lain, seperti Compute Stick buatan Intel.

WHAT TO READ NEXT ?