Sony kenalkan kamera full-frame RX1R II beresolusi 42MP

Sony kenalkan kamera full-frame RX1R II beresolusi 42MP

Techno.id - Sony baru saja memperkenalkan kamera full-frame terbaru di lini Cyber-shot RX yang dinamakan RX1R II. Kamera Sony RX1R II akan menghadirkan kualitas gambar tertinggi dari semua kamera compact Sony. Ini dikarenakan Sony RX1R II mempunyai resolusi 42,4MP dengan aperture besar, dan lensa F2 Zeiss Sonnar 35mm.

Kamera terbaru Sony ini juga memiliki kesamaan dengan Alpha 7R II, khususnya pada sistem (AF) auto focus Hybrid. Selain itu, Sony juga mengklaim bahwa kecepatan auto focus RX1R II telah ditingkatkan hingga 30 persen, sehingga pengguna bisa mengambil gambar dengan akurasi yang lebih baik walau di tempat yang minim cahaya.

Tak hanya itu, Sony juga menyertakan beberapa fitur auto focus dari produk sebelumnya, RX1 original. Beberapa fitur tersebut antara lain, mode AF-C, Eye-F, dan lock-on AF. Ada pula tambahan saklar cincin makro yang menawarkan akses cepat ke fokus mode dekat hingga 14cm. Kamera ini juga ditambahkan beberapa perbaikan fokus di antaranya pengaturan lebar daerah AF, fleksibel spot, dan perluasan fleksibel spot.

Model RX1R II ini diakui Sony sebagai kamera compact pertama dengan kemampuan AF Hybrid cepat. Pasalnya, sensor kameranya saja menggunakan fitur focal-plane phase-detection AF 399 poin yang mencakup sekitar 45 persen dari bidang gambar. Ini yang menjadikan kamera RX1R II mempunyai cakupan AF terluas di dunia pada sensor full-frame.

Hebatnya lagi, Sony RX1R II merupakan kamera pertama di dunia yang memakai variabel optik low pass filter. Fitur ini memungkinkan fotografer dapat mengambil gambar secara manual dengan resolusi gambar yang seimbang serta kehadiran moire atau warna artefak untuk mencocokkan subjek, seperti yang dilaporkan oleh DPreview (14/10/15).

Sedangkan untuk konektivitas, Sony mendukung fitur Wi-Fi dan NFC yang kompatibel dengan aplikasi Sony PlayMemories Mobile pada perangkat Android dan iOS. Jika Anda berminat membawanya pulang, kamera ini akan dipasarkan pada bulan November 2015 dengan harga sekitar Rp 43, 8 juta.

(brl/red)