CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 28 April 2016 21:00

Sarung tangan ini mampu tafsirkan bahasa isyarat ke Bahasa Inggris

Terinspirasi kesenjangan komunikasi penderita tunarungu dan orang normal, dua mahasiswa University of Washington ciptakan sarung tangan khusus

Sarung tangan ini mampu tafsirkan bahasa isyarat ke Bahasa Inggris

Techno.id - Dua mahasiswa University of Washington bernama Thomas Pryor dan Navid Azodi, dilaporkan berhasil menciptakan sepasang sarung tangan yang mampu mengonversi bahasa isyarat ke dalam Bahasa Inggris (Amerika Serikat) secara real-time.

Sarung tangan khusus tunarungu
© 2016 BuzzFeed

Sebagaimana dilansir BuzzFeed (26/04), kemampuan dua buah sarung tangan ini terletak pada sensor gerakannya. Yang dibaca sensor tersebut adalah gerakan dan pergelangan tangan, yang kemudian akan dikirim ke perangkat komputer via Bluetooth untuk ditafsirkan.

Sarung tangan khusus tunarungu
© 2016 BuzzFeed

Thomas, salah satu dari dua mahasiswa pencipta sarung tangan ini mengaku masih hanya menyediakan metode penafsiran via perangkat desktop saja. Meski demikian, ia juga tak menampik akan merilis aplikasi penafsiran untuk perangkat mobile.

Dalam menciptakan sarung tangan ini, Thomas dan temannya mengaku terinspirasi akan kesenjangan komunikasi antara penderita tunarungu dan orang normal. Ia pun berharap jika alat ciptaannya ini dapat mengurangi jarak kesenjangan tersebut.

Meski demikian, sarung tangan ini masih berupa prototipe. Dengan kata lain, masih belum diketahui apakah alat tersebut nantinya akan dikembangkan dan diproduksi secara luas agar bisa dikonsumsi oleh publik.

WHAT TO READ NEXT ?