Samsung Galaxy Note 5 dikabarkan mengadopsi port USB Type-C

Samsung Galaxy Note 5 dikabarkan mengadopsi port USB Type-C

Techno.id - Beberapa waktu yang lalu, muncul kabar bahwa Samsung akan mempercepat waktu peluncuran Galaxy Note 5 dengan maksud untuk menyaingi iPhone terbaru yang akan dirilis tahun 2015. Dengan cepat, pihak Samsung melalui Presiden Shin Jong Kyun mengklarifikasi bahwa rumor tersebut tidaklah benar.

Seiring berjalannya waktu, berbagai media teknologi meyakini bahwa Galaxy Note 5 diprediksi kuat bakal diperkenalkan saat ajang IFA 2015 Berlin digelar pada bulan September mendatang. Mereka mengacu pada tren Samsung yang memang selama ini selalu memperkenalkan Galaxy Note Series di waktu tersebut.

Selain waktu peluncuran, berita mengenai spesifikasi yang diusung oleh Galaxy Note 5 pun tak luput dari awak media. Salah satunya yakni media SamMobile (12/06/2015) yang melaporkan bahwa Galaxy Note 5 akan menjadi perangkat ponsel pertama Samsung yang menggunakan teknologi port USB Type-C.

USB 3.1 Type-C sendiri merupakan standar teknologi port baru di dunia industri komputer. Port USB tipe ini diklaim sanggup memindahkan data dengan kecepatan yang sangat tinggi, yakni hingga mencapai 10GB per detik atau dua kali lipat lebih cepat daripada standar USB 3.0.

Di sisi lain, kabel Type-C juga dikabarkan sanggup melakukan transfer data hingga sebesar 20 volt dan 5 ampere. Sedangkan USB tipe sebelumnya hanya memiliki transfer data sebesar 5 volt dan 1,8 ampere. Dengan kata lain, USB Type-C yang diusung Galaxy Note 5 dapat melakukan transfer data dan pengisian baterai yang jauh lebih cepat.

Sayangnya, SamMobile tidak menyertakan informasi lebih jauh seperti spesifikasi atau wujud dari Galaxy Note 5. Namun jika mengacu ke informasi beberapa waktu yang lalu, Galaxy Note 5 akan dipersenjatai dengan layar 4K, prosesor Exynos 7422 octa-core, serta baterai berkapasitas 4.100mAh.

(brl/red)