Samsung Smartwatch sematkan teknologi NFC untuk sarana pembayaran

Samsung Smartwatch sematkan teknologi NFC untuk sarana pembayaran

Techno.id - Bagi pencinta jam tangan pintar, sebentar lagi Samsung bakal memperkenalkan smartwatch baru dengan tambahan fitur (NFC) Near Field Communication. Fitur NFC memungkinkan perangkat Anda akan saling terhubung satu sama lain ketika didekatkan. Teknologi NFC pada Samsung Smartwatch dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran melalui Samsung Pay.

Lagi-lagi, teknologi NFC yang dipakai Samsung untuk jam tangan pintarnya juga diadopsi oleh Apple Watch. Apple menggunakan NFC untuk sarana pembayaran mobile serta Apple Watch melalui Apple Pay. Hal ini tidak serta merta menunjukkan bahwa Samsung mencontek teknologi smartwatch milik Apple, karena jam pintar lainnya seperti LG Watch Urbane LTE, Sony Smartwatch 3 dan Bulgari Smartwatch juga menyematkan teknologi serupa.

Teknologi NFC tak akan menjadi primadona untuk fitur Samsung Smartwatch. Pasalnya, Samsung sepertinya bakal menyematkan sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna bisa menelepon seseorang dari jam tangan pintar mereka. Untuk yang satu ini, jelas Samsung selangkah di depan daripada Apple karena Apple Watch tidak memiliki teknologi tersebut, seperti yang dikutip dari SlashGear (8/6/15).

Pengguna dapat menikmati jam tangan pintar Samsung terbaru pada September mendatang, bertepatan dengan peluncuran Samsung Pay. Nantinya, Samsung Smartwatch akan memakai sistem operasi Tizen karena Android Wear kemungkinan belum mendukung teknologi NFC.

(brl/red)