Pasar PC global menurun 9,5 persen di kuartal dua 2015

Pasar PC global menurun 9,5 persen di kuartal dua 2015

Techno.id - Sebagaimana diketahui, pesatnya pertumbuhan teknologi gadget membawa dampak akan turunnya penjualan perangkat komputer (PC) secara global. Tren penyusutan ini makin diperkuat oleh hasil survei lembaga Gartner di kuartal kedua (Q2) tahun 2015.

Menurut Gartner, permintaan global PC di tahun ini mengalami penurunan hingga 9,5 persen jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Dengan kata lain, hasil penjualan PC di Q2 tahun 2015 telah menyusut hampir 10 persen daripada Q2 di tahun 2014.

Pasar PC global menurun 9,5 persen di kuartal dua 2015

Seperti dikutip dari Phone Arena (11/07/2015), hasil laporan Gartner memperlihatkan bahwa Lenovo untuk yang kesekian kalinya mengalami penurunan penjualan PC di posisi teratas. Selanjutnya diikuti oleh HP, Dell, Asus, dan Acer Group.

Lebih jauh, laporan tersebut juga menjelaskan tiga alasan utama mengapa penjualan PC kian merosot. Perlu diingat bahwa ketiga alasan utama Gartner ini hanya mengacu kepada berbagai faktor yang terjadi dalam kurun waktu kuartal kedua tahun 2015 saja.

Alasan pertama yaitu naiknya nilai mata uang dolar AS terhadap mata uang dunia. Kedua yakni sedikitnya pengguna yang melakukan pembaruan (upgrade) dari Windows XP. Ketiga yakni produsen yang dengan sengaja menghabiskan 'stok' guna menyambut Windows 10.

Menariknya, Gartner dalam laporannya juga meyakini bahwa penjualan PC akan kembali meningkat di tahun 2016 mendatang. Untuk informasi tabel lebih rinci, Anda dapat langsung mengunjungi tautan resmi laporan survei Gartner.

(brl/red)