Penjualan PC menurun, AMD 'pelihara' pengguna setia

Penjualan PC menurun, AMD 'pelihara' pengguna setia

Techno.id - Berbagai analis telah menyebutkan bahwa penjualan perangkat komputer mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Tentu saja, menurunnya penjualan tersebut secara otomatis akan mempengaruhi penjualan komponen komputer itu sendiri, termasuk kartu grafis (GPU).

Perusahaan pembuat CPU dan GPU asal Amerika Serikat, AMD, mengakui dampak penurunan penjualan komputer telah mencapai perusahaannya. Namun AMD menyebut bahwa tak hanya pihaknya saja yang merasakan dampak tersebut, melainkan komponen komputer lain termasuk kompetitornya.

"Bukan rahasia kalau penjualan komputer itu tidak seperti beberapa tahun lalu sewaktu PC berjaya. Penurunan itu memang memberi dampak juga ke pembuat komponen, termasuk AMD dan perusahaan lainnya," kata Frankie Widjaja selaku Channel Sales Manager AMD International Sales Service Ltd kepada tim Techno.id.

Dalam menyiasati penurunan tersebut, AMD mengaku memiliki strategi khusus guna membuat pendapatan perusahaan tetap terjaga. Pihaknya mengklaim, menjaga hubungan baik dengan para pengguna dari kalangan gamer adalah cara paling ampuh agar target penjualan perusahaan tetap dalam kondisi baik.

"Kami jalankan program khusus bersama komunitas gamer dan mahasiswa setiap tiga bulan mulai dari edukasi atau sekadar kompetisi gaming. Program ini cukup efektif membuat para pengguna yang kami sebut enthusiast itu tetap setia pada produk buatan AMD sampai sekarang," tambah Frankie.

Lebih lanjut, Frankie mengaku bahwa penjualan produk GPU maupun CPU di Indonesia masih relatif stabil bila dibandingkan dengan tahun lalu. Sayangnya, ia enggan mengungkapkan angka pasti raihan penjualan tiap lini produk yang dipasarkan di Indonesia.

"Sekarang, saya belum bisa sebutkan angka karena sedang proses akumulasi dan audit untuk laporan tahunan di pusat. Nanti begitu diumumkan secara resmi pasti kami ungkapkan," kilah Frankie selepas acara peluncuran produk terbaru AMD di Jakarta, Senin (20/06/15).

(brl/red)