Malaysia sukses ciptakan robot lengan seharga Rp 10 jutaan

Malaysia sukses ciptakan robot lengan seharga Rp 10 jutaan

Techno.id - Dua insinyur Malaysia baru saja mendonasikan hasil karyanya berupa sebuah robot tangan kepada seorang anak penyandang distabilitas berusia 16 tahun. Demikian menurut laporan terbaru dari media lokal Malaysia, Bernama (21/12).

Malaysia sukses ciptakan robot lengan seharga Rp 10 jutaan
Robot lengan murah buatan insinyur Malaysia
2015 Bernama.com

Kedua insinyur tersebut adalah Muhd Khirul Alif Muhammad dan J. Kirupa Sankar. Saat ini, mereka berdua tengah menuntut ilmu di Malaysian Institute of Marine Engineering Technology (Mimet) di Universiti Kuala Lumpur (UniKL).

Sementara itu, anak penyandang distabilitas yang diketahui bernama Abdul Halim Wan Soor mengaku senang atas hadiah tersebut. Dalam sebuah wawancara, ia bahkan tak sabar ingin memamerkan tangan barunya itu ke teman-temannya.

"Akhirnya impian saya untuk memiliki robot lengan menjadi kenyataan. Saya tidak sabar untuk memamerkannya kepada teman-teman saya," ujarnya.

Tak hanya anak, sang ibunda Halim, Rohaini Darus pun tak lupa meluapkan kegembiraanya karena telah mendapat uluran bantuan. Pasalnya, ia dan keluarganya memang berasal dari kelompok masyarakat ekonomi kurang mampu.

"Halim adalah anak yang aktif meskipun memiliki cacat. Kami tidak mampu memberikan dia robot lengan. Dengan bantuan ini, kami berharap dia akan memiliki lebih banyak semangat dan tekad," papar sang ibunda.

Disebutkan, robot lengan ini dilengkapi dengan artikulasi pada kedua siku dan bagian jari-jarinya. Menurut kedua insinyur, robot lengan ini dapat membantu Halim melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak dapat ia lakukan sendiri.

Bagian terbaiknya adalah, harga yang dibanderol untuk robot lengan ini ternyata tidaklah mahal. Alif dan Sankar mengaku hanya menghabiskan sebesar 3.150 RM (Ringgit Malaysia) atau hanya sekitar Rp 10 jutaan.

(brl/red)