Kapan PlayStation 4K diumumkan?

Kapan PlayStation 4K diumumkan?

Techno.id - Dalam sepekan terakhir, industri video game tengah diramaikan oleh isu konsol baru bernama PlayStation 4K. Dari namanya, konsol besutan Sony ini memang diklaim mampu memutar video game berformat 4K.

Lalu, kapan PlayStation 4K diumumkan? Menurut laporan terbaru dari situs The Wall Street Journal (28/03), game konsol tersebut diprediksi lahir lebih dulu daripada PlayStation VR yang direncanakan pada bulan Oktober 2016.

Jika klaim di atas benar, maka Sony hanya membutuhkan waktu sekitar tujuh bulan (April sampai September 2016) untuk merancang PlayStation 4K. Jadi, mengapa waktu produksi mereka bisa relatif singkat?

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, PlayStation 4K tak memiliki performa lebih (dibanding PS4) selain game 4K itu sendiri. Singkat kata, PlayStation 4K hanyalah PS4 yang mengalami pembaruan di sektor prosesor grafis.

Mengutip laman Eurogamer (24/03), prosesor PS4 saat ini adalah AMD ber-chipset API 28nm. Namun di generasi PlayStation 4K, prosesor grafis itu diperbarui menjadi API 14nm atau 16nm. Sayangnya, spekulasi soal harga masih belum terkuak.

(brl/red)