CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 21 Maret 2016 08:00

Apa sih platform gaming yang paling menjanjikan tahun ini?

Jawabannya, PC. Faktanya, developer game yang fokus mengerjakan game PC masih yang terbanyak.

Apa sih platform gaming yang paling menjanjikan tahun ini?

Techno.id - Para pelaku di industri game belakangan memang menjadi saksi melejitnya mobile gaming. Di Indonesia, misalnya, industri game mampu menghasilkan Rp4,45 triliun, dengan sektor mobile mencaplok 52 persen dari total pasar. Di samping itu, mulai hadirnya VR handset di pasaran pun turut memacu lahirnya game-game berbasis virtual reality. Namun ternyata, platform gaming yang dinilai paling menjanjikan untuk saat ini justru PC.

Hal tersebut terpapar dari hasil survei yang diikuti peserta Game Developers Conference (GDC) 2016. Para developer game faktanya masih menilai PC sebagai platform gaming terpenting tahun ini. Setidaknya, 52 persen dari responden mengaku sedang mengerjakan game yang siap dirilis untuk desktop.

Di sisi lain, populasi pengembang yang fokus menggarap game untuk smartphone atau tablet ialah yang terbanyak kedua (44 persen). Sementara penggarap game untuk console PlayStation 4 dan Xbox One menyusul di bawahnya.

Minat developer untuk menghadirkan game baru untuk Nintendo Wii U terpantau rendah. Bahkan, lebih banyak yang ingin menghasilkan game untuk VR handset tahun ini.

Hasil survei yang melibatkan 2.000 developer game selengkapnya tersaji di grafis bikinan Statista berikut:

Platform game terpenting tahun 2016 versi developer
© 2016 Statista

 

WHAT TO READ NEXT ?