CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 29 April 2016 09:00

"Inovasi smartphone Apple lambat"

CEO LeEco menyindir iPhone SE yang ia anggap sebagai sebuah langkah mundur dari raksasa Cupertino.

Techno.id - Walau masih sangat layak untuk disebut sebagai perusahaan teknologi terbaik di dunia saat ini, tak sedikit yang memandang rendah ke Apple. Salah satunya adalah Jia Yueting, miliuner dari Tiongkok yang juga CEO LeEco.

Sebagai pimpinan perusahaan yang terkenal sebagai 'Netflix-nya Tiongkok' dan sudah merambah bisnis smartphone, Jia menilai iPhone sudah ketinggalan zaman. Miskinnya inovasi di mata Jia inilah yang membuat Apple kehilangan kendali terhadap pasar Tiongkok sekaligus memacu menurunnya penjualan iPhone.

"Salah satu penyebab utamanya adalah inovasi Apple sudah melambat," terang Jia. iPhone SE pun tak luput dari sasaran kritiknya.

"Misalnya, sebulan lalu Apple meluncurkan iPhone SE. Dari perspektif pelaku industri, teknologi produk itu begitu rendah... kami rasa perusahaan sekelas Apple tak layak membuat iPhone SE," imbuhnya, seperti dikutip dari CNBC (24/04/16).

CEO LeEco, Jia Yueting, memamerkan Le Superphones
© 2016 Business Wire/Business Wire

 

Ucapan pedas Jia ini di sisi lain ada benarnya. Analis TrendForce sebelumnya telah memprediksi bahwa iPhone SE tak akan mampu menyokong penjualan iPhone tahun ini.

Namun di sisi lain, kehadiran iPhone SE adalah jawaban yang cukup tepat untuk melayani tantangan dari kompetitor smartphone Tiongkok yang dibanderol murah. Ketimbang mengimpor dan menjual iPhone bekas di negara berkembang seperti India, memasarkan iPhone versi murah itu adalah langkah yang lebih terhormat.

WHAT TO READ NEXT ?